Share

Zat berbahaya dalam kosmetik

 

Telah lama kecurigaan terhadap adanya zat-zat berbahaya dalam produk kecantikan wanita seperti make up hadir di kalangan pemerhati. Namun, berbagai sangkalan membuat isue zat beracun dalam produk kecantikan seakan hilang ditelan Bumi.

Menurut eMaxHealth, ternyata eyeliner dan concealer mengandung kadmium. Bedak dan blusher mengandung nikel. Bahkan maskara, foundation, serta eye-shadow mengandung sejumlah kandungan arsenik. Timbal, timah, berilium, dan talium adalah nama-nama zat berbahaya lain yang biasanya ada di make up.

Pada beberapa produk pemutih wajah, terdapat kandungan merkuri. Tentu saja komposisi zat berbahaya itu tidak akan terlihat oleh konsumen dalam profil kemasan, sebab tidak mungkin tertulis di sana.

Sebuah laporan pada tahun 2011 menemukan bahwa logam berat sudah umum ada di beberapa make-up. Laporan dari The Environmental Defence atau lembaga Pertahanan Lingkungan di Inggris, 49 produk populer make-up termasuk Clinique Foundation dan dan L’Oreal maskara mengandung logam berat.

Rata-rata satu produk bahkan bisa mengandung 4 kandungan zat berbahaya di atas.

Efek dari zat berbahaya tersebut yang dapat diserap melalui kulit, adalah gangguan hormon, kanker, masalah neurologis, kehilangan memori, perubahan suasana hati, gangguan reproduksi dan perkembangan, masalah ginjal, sakit kepala, muntah, diare, kerusakan paru-paru, dermatitis dan kerontokan rambut.

Tentu saja itu tidak akan terjadi dalam jangka waktu singkat, melainkan jangka panjang.

Nah, bagi wanita yang terbiasa menggunakan produk kecantikan seperti make up, sebaiknya mulai berhati-hati memilih produk yang aman dan alami.

 

Sumber Dailymail 21/02/12.