Scroll to Top

Perlunya Kebijakan Privasi Pada Aplikasi iOS dan Android

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 23 Feb 2012

Anda yang menggunakan iPad, iPhone, Android dan sebagainya tentu paham betul bahwa mengunduh aplikasi menjadi kegiatan yang biasa. Namun yang perlu patut kita perhatikan, kita perlu hati-hati dalam mengunduh aplikasi tersebut. Tentu kita masih ingat, beberapa waktu lalu, diketahui bahwa, iOS juga rentan malware layaknya Android.

Privacy policy

Berkaitan dengan hal tersebut, maka rasanya diperlukan kebijakan privasi (privacy policy) pada aplikasi iOS dan Android tersebut. Logisnya begini, dari kasus malware tersebut, tentu dia akan mengambil data pengguna secara diam-diam. Apalagi memang saat ini, aplikasi iOS dan Android belum memiliki kebijakan privasi.

Maka dari itu, sudah saatnya ada kebijakan privasi dalam aplikasi iOS dan Android yang kita unduh. Dalam kebijakan privasi tersebut, tentu sudah jelas hal apa saja yang akan dikumpulkan informasinya oleh aplikasi, jadi pengguna bisa mengetahui dan merasa aman. Inilah fungsi utama kebijakan privasi dalam sebuah aplikasi.

Ditambah lagi, menurut kebijakan dari California, perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, RIM, dan Amazon perlu memasukkan kebijakan tersebut kepada aplikasi milik mereka. Ketentuan mengenai kebijakan privasi ini bisa berupa teks yang sudah terintegrasi ke dalam aplikasi, atau link ke laman kebijakan privasi tersebut.

Jadi intinya, demi mencegah adanya aplikasi sembarangan yang bisa saja malware, perlu ada kebijakan yang mengatur. Nah, bagaimana menurut anda? (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda