Scroll to Top

Umur 6 Bulan, Gejala Autis Bisa Dibaca

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 23 Feb 2012

autis

Tidak perlu menunggu anak sampai divonis kena autis. Menurut penelitian Jason Walff dari University of North Carolina, kelainan pada anak yang terkena autis bisa dideteksi semenjak usia enam bulan. Bagian saluran sumsum otak penderita autis dengan anak normal ternyata perkembangannya berbeda sejak bayi.

Saluran sumsum otak ini menghubungkan bagian otak satu dengan yang lain. Pada anak autis, perkembangannya cenderung berjalan lambat. Wolff mengatakan, perubahannya semakin tumpul seiring berjalannya waktu dalam mengoordinasikan berbagai bagian di otak.

Ada 92 bayi yang dijadikan responden. Mereka berusia enam bulan, satu tahun dan dua tahun. Otak mereka secara kontinyu dipindai dengan alat MRI dengan teknologi tensor difusi. Setelah berjalan dua tahun diketahui 28 anak mengalami autis dan sisanya tidak.

Setelah dibandingkan dengan hasil pindai yang ada, diketahui, mereka yang autis memiliki kelainan pada jalur yang menghubungkan antar bagian otak. Dan, peneliti mengatakan, autis mengindikasikan ada kelainan otak secara menyeluruh.

“Kami mengamati jalur yang menghubungkan bagian-bagian otak satu sama lain, dan 12 dari 15 (perkembangannya) berbeda pada anak yang mengidap autis,” kata Wolff, dikutip National Geographic.

Dengan temuan ini, diharapkan dapat membantu anak-anak yang berpotensi terkena autis. Semakin dini ditangani, maka penanganannya juga akan lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda