Scroll to Top

Ini Tanda Seseorang Kena Diabetes

By C Novita / Published on Thursday, 23 Feb 2012

Tanda seseorang kena diabetesDiabetes adalah penyakit dimana ginjal sulit menghasilkan insulin(hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Hal tersebut membuat kadar gula dalam tubuh meningkat.

Diabetes dapat menjadi berbahaya sebab bisa memicu berbagai komplikasi penyakit lain. Karenanya, akan lebih baik jika Anda mengenali tanda-tanda seseorang terkena diabetes, agar dapat secepatnya diberi penanganan.

  • Sering BAK

Jika kadar gula dalam darah tinggi, maka seseorang akan sering buang air kecil. Ginjal yang kekurangan Insulin, akan sulit menyaring glukosa. Hal tersebut memicu ginjal menyerap air dalam darah untuk dapat menghancurkan glukosa tersebut. Ini yang bikin kandung kemih penuh dan sering BAK.

  • Sering Minum

Karena sering BAK, maka seseorang akan sering haus. Itu sebab mengapa ia sering minum. Sebaiknya minum air putih saja, sebab meminum air yang manis hanya akan menambah kerja ginjal.

  • Turunnya Berat Badan

Penurunan berat badan yang terjadi bisa drastis, bisa pula perlahan, tergantung pada tipe diabetes yang diderita.

  • Gampang Capek/Lelah

Glukosa adalah bahan utama penghasil energi dalam tubuh manusia. Jika produksi dan proses pengolahannya terhambat atau terganggu, maka sel-sel tubuh manusia pun akan sulit mendapat pasokan energi. Itu juga menjadi tanda seseorang terkena diabetes.

  • Kesemutan Pada bagian Tubuh

Neuropati atau kesemutan terjadi jika kadar gula yang mulai tinggi merusak sistem syaraf pada ujung-ujung tubuh seperti bagian kaki, atau tangan.

Jika terdapat beberapa tanda seperti di atas pada diri Anda, maka segera periksa kadar gula Anda, dan mulailah menjaga asupan makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda