Scroll to Top

#Twitalk: Bincang-bincang Online via Twitter

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 23 Feb 2012

Twitalk Anniversary

Pada 29 April 2010, Pungkas Riandika lewat @Pungkas melempar sebuah tweet ke followers-nya tentang sebuah ide. Ide kreatif obrolan daring di linimasa. Dengan menggunakan media Twitter, acara laiknya talkshow ini kemudian dikenal dengan nama Twitalk.

Twitalk hadir setiap hari Kamis jam 21.00 malam. Acara yang telah berlangsung hingga 78 episode ini menghadirkan narasumber tokoh-tokoh yang dikenal publik. Sebut saja Bambang Pamungkas, Triawan Munaf, Aditya Sofyan, Rene Suhardono, Riani Djangkarau, dan masih banyak lagi.

Cara pemilihan tokoh untuk digandeng menjadi narasumber di Twitalk cukup unik. Di H-1 (Rabu), atau sehari sebelum acara berlangsung, @TwitalkID bertanya pada followers-nya, siapa tokoh yang ingin diundang sebagai narasumber.

Dan pada hari yang sama setelah tokoh ditentukan, maka @TwitalkID mengajukan ‘lamaran’.

“Twitalk adalah salah satu komunitas yang tumbuh dan berkembang dari Twitter. Ide untuk membuat live talkshow via Twitter ini telah konsisten tayang setahun lebih,” papar Pungkas Riandika.

Tak hanya gencar di ranah daring, Twitalk juga intens mengadakan acara offline. Sebut saja saat anniversary pertama mereka di Jakarta tahun lalu hingga acara road show Twitalk pertama – lima kota – di Yogyakarta pada Desember 2011 silam.

Road Show Jogja

Bahkan Twitalk berhasil menggandeng Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Indonesia Kreatif untuk meluncurkan konten digital yang berwujud ebook – lima seri – tentang kreativitas dan industri kreatif tanah air yang bertajuk ‘Travelling With Creativity’.

Hingga kini Twitalk telah berlangsung selama 78 episode. Bagi Anda yang terlewat mengikuti bincang-bincang online setiap Kamis malam di Twitter, dapat membaca arsip wawancaranya lewat tagar #Twitalk dan di website Twitalk yang berlamat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda