Scroll to Top

Cara Mudah Cegah Radang Sendi

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 23 Feb 2012

Radang sendi, atau dikenal dengan arthritis, dapat menyerang setiap orang. Sekitar separuh penderita arthritis memang berumur paruh baya. Namun sekarang usia muda pun rawan kena penyakit ini. Di dunia ini terdapat minimal 350 juta penderita radang sendi. Dan, 60 persennya dialami oleh wanita.

radang sendi

Penyakit ini bisa muncul karena beberapa faktor. Misalnya cedera pada sendi, asam urat, genetik, dan infeksi. Penderitanya bisa merasa amat sakit saat radang muncul di sendi. Rasanya kaku dan nyeri saat ditekan. Pada beberapa kasus, radang sandi mengakibatkan efek samping lain. Seperti demam, kelenjar membengkak, berat badan turun, kecapekan, dan masalah yang berhubungan dengan paru-paru, jantung, atau ginjal.

Untuk itu, mencegah datangnya penyakit ini amat penting. Daripada Anda direpotkan dengan proses pengobatan, lebih baik Anda hemat uang berobat dengan melakukan langkah preventif. Dikutip dari SheKnows, ada empat langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Berolahraga secara rutin. Olahraga berpengaruh baik bagi kesehatan otot tulang dan sendi yang ada. Selain itu, Anda mendapat nilai lebih dari olahraga. Seperti menguatkan otot jantung dan sistem kardivaskular dalam tubuh Anda.
  • Menjaga pola makan dan nutrisi. Jangan sembarangan menyantap makanan. Pilihlah jenis yang sehat dan bermanfaat bagi tulang dan sendi. Makanan yang mengandung vitamin C, E, dan kalsium bisa membantu sistem muskuloskeletal dalam tubuh Anda. Artinya, tulang dan sendi Anda akan lebih lambat mengalami proses degenerasi.
  • Melakukan peregangan. Fungsi melakukan gerakan peregangan adalah membantu tonus otot dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Awali peregangan dengan melakukan pemanasan untuk menghindari cedera sendi dan otot.
  • Perbanyak minum air putih. Minum air minimal 8 gelas per hari itu penting untuk membantu pembentukan tulang rawan di sendi. Bahkan, 70 persen pembentuk tulang rawan itu berupa air. Air juga sekaligus membentuk pelumas yang menyebabkan dua tulang tidak berbenturan saat bergerak di bagian sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda