Scroll to Top

Penerapan Euro3 Motor Diharapkan Segera Dilakukan

By Aditya Mahadika / Published on Thursday, 23 Feb 2012

Standar Euro2 sudah diterapkan sejak 2005 (Dok. AHM)

Sepeda motor di Indonesia diperkirakan baru bisa menerapkan standar emisi Euro-3 (European Emission Standards) pada tahun 2014 mendatang.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi menyatakan penerapannya membutuhkan waktu untuk proses penggantian mesin dan komponen pendukungnya.

Salah satunya adalah ketersediaan bahan bakar beroktan 91 yang menjadi syarat standar emisi Euro 3. “Tinggal bagaimana kesiapannya saja,” kata Budi dalam diskusi “Kesiapan industri sepeda motor indonesia menuju standar euro-3 yg ramah lingkungan dan hemat bbm” yang digelar Forum Wartawan Otomotif di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2012.

Indonesia saat ini masih menerapkan baku mutu Euro 2 yang berlaku sejak 1 Januari 2005. Deputi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Karliansyah mengharapkan pengguna sepeda motor memakai bahan bakar sesuai dengan WWFC (World Wide Fuel Charter) kategori II.

Karliansyah menambahkan penerapan Euro-3 akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, konsumen, pemerintah dan industri otomotif. Penetapan regulasi ini akan meningkatkan daya saing dengan industri di kawasan ASEAN.

Pemerintah telah mempunyai fasilitas uji emisi untuk sepeda motor yang berada di bawah wewenang Kementerian Perhubungan yaitu Balai Pengujian Layak Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

Industri otomotif yang sudah mempunyai fasiltas uji emisi antara lain PT. Astra Honda Motor, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan PT Suzuki Indomobil Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda