Scroll to Top

Dark Chocolate Atasi Mood Buruk Saat Menstruasi

By Ilham Choirul / Published on Friday, 24 Feb 2012

makan coklat

Datangnya menstruasi kerap menjadi masa yang membuat psikis wanita menjadi tidak stabil. Uring-uringan, mudah marah, atau terlalu sensitis menjadi pemandangan rutin setiap bulannya. Meski hanya berlangsung tiga sampai tujuh hari, namun masa ini seperti hari yang menyakitkan. Apalagi saat awal menstruasi yang kadang membuat perut terasa sedikit kram.

Ketika haid ada penurunan hormon serotonin, endorfin, dan hormon lain yang mengatur hadirnya mood baik. Selain itu, hormon estrogen dan progesteron ikut turun yang menyebabkan gejala tidak menyenangkan. Tapi, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi coklat. Bukan sembarang coklat, pilihlah jenis coklat pekat (dark chocolate).

Coklat pekat lebih banyak kandungan coklatnya dan hanya punya sekit gula dan susu. Pada coklat ini terdapat magnesium dan asam omega 3 dan 6 yang berfungsi mengatur suasana hati menjadi lebih baik.

Agar coklat bekerja lebih baik, barengi dengan menghindari berbagai makanan yang mengandung gula, garam, dan kafein. Ketiga zat ini akan membuat perut terasa kembung. Dan, perbanyak pula mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, vitamin E, dan B6 untuk meminimalkan rasa sakit yang muncul kala menstruasi.

Agar metabolisme tubuh juga berjalan seimbang, lakukan olahraga 30 menit sehari. Olahraga diyakini mampu membuat orang percaya diri dan memiliki  mood yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda