Scroll to Top

Hotmail Kini 10x Lebih Cepat, Klaim Microsoft

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 02 Jul 2011

Jika dalam berita terbaru Gmail diperbarui tampilannya oleh Google, seperti tidak mau kalah, Microsoft juga melakukan perubahan pada layanan Hotmail miliknya, seperti yang diklaim dalam blog resmi milik Microsoft.

hotmail login

Apa perubahan tersebut? Ternyata Microsoft membuat Hotmail bekerja 10x lipat lebih cepat, mungkin kecepatan ini tidak terlalu terlihat bagi pengguna Hotmail,  meski begitu usaha Microsoft patut diapresiasi karena berusaha meningkatkan produktivitas para penggunanya. Bagaimana cara Microsoft meningkatkan kecepatan tersebut?

3 teknik yang digunakan: caching, preloading, dan asynchronous. Teknik tersebut semakin mudah digunakan di era teknologi web sekarang ini dan sangat berguna bagi layanan berbasis web semacam Hotmail, meski begitu, yang dimaksud bertambah kecepatan saat diakses di browser tentunya adalah Internet Explorer 9, walau sebenarnya sama saja jika diakses di browser lain.

Penjelasan sederhana mengenai teknik diatas adalah, dari kombinasi tersebut, cara kerjanya adalah Hotmail menggunakan local storage untuk cache data jadi anda tidak perlu menunggu informasi untuk diunduh dari server terlebih dulu setiap kali mengklik sebuah link. Dalam kasus ini informasi yang dimaksud adalah saat anda membuka surat baru dari inbox, mengklik untuk membuat surat baru, dan bermacam tindakan lainnya dalam kegiatan ber-e-mail.

Membuka e-mail baru paling diuntungkan dari teknik pre-loading. Ini dilihat saat Hotmail sibuk pre-loading “di belakang layar” dan melakukan cache data satu-persatu secara lokal. Dampaknya adalah e-mail terbuka dengan cepat saat anda mengkliknya. Pre-loading juga digunakan saat proses loading Hotmail dalam menulis balasan surat atau membuat pesan baru.

Jika anda belum terlalu yakin, lihat video di bawah untuk melihat peningkatan kecepatan seperti klaim Microsoft.

[youtube 3Y0DfzLmeOc 640 360]

Jika anda merasa antarmuka Hotmail terbuka dengan cepat, itu karena proses asynchronous. Dengan ini, tidak perlu lagi ada proses melibatkan server Hotmail. Jika dulu anda mengklik, diperlukan respon server, namun karena kini sudah bekerja di belakang layar tak perlu lagi, maka dari itu menghapus surat atau berganti folder menjadi cepat.

Jika anda merasakan ada perubahan dalam mengakses Hotmail, coba maksimalkan lagi dengan cara mengaktifkan proses pre-loading tersebut karena fitur itu belum diaktivasi secara default, aktifkan dari Hotmail options.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda