Scroll to Top

80% Pengguna Blackberry Download Aplikasi Gratisan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 24 Feb 2012

Aplikasi Blackberry Gratis

Jika ada yang gratis, mengapa harus membayar? Mungkin inilah yang menjadi pegangan bagi pengguna telepon pintar tatkala mencari atau mengunduh aplikasi. Mereka akan enggan membayar selama masih tersedia aplikasi gratisan di internet.

Strategy Analytics dalam survei terbarunya mengumumkan data jika 89 % aplikasi mobile telah diunduh oleh pengguna Android Amerika Serikat (US), dan 92 % aplikasi gratis diunduh oleh pengguna Android di Eropa Barat.

Untuk iPhone, data menunjukkan jika 73 % aplikasi mobile telah diunduh oleh pengguna iPhone di AS, dan 72 % diunduh pengguna iPhone di wilayah Eropa Barat.

Sedangkan untuk pengguna Blackberry di kedua wilayah tersebut menurut laporan Strategy Analytics sebanyak 80 % mengunduh aplikasi gratis di telepon cerdas mereka.

Menurut Chris Dodge dari Strategy Analytics, di Android Market memiliki ketersediaan aplikasi gratis yang lebih melimpah daripada Apple App Store dan Blackberry App World. Ia juga mengatakan jika pengguna Apple rela membayar harga tinggi di setiap aplikasi yang mereka unduh daripada pengguna Android.

“Di Android tersedia lebih banyak aplikasi. Pengguna smartphone akan senada dengan ini, jika ada yang gratis mengapa harus bayar,” papar Chris Dodge.

Untuk jumlah aplikasi yang diunduh di tiap smartphone,  Strategy Analytics memiliki data-data lain. Pengguna Android di AS rata-rata mengunduh 39,1 aplikasi di teleponnya, dan pengguna Android di Eropa Barat mengunduh rata-rata 38 aplikasi.

Pengguna iPhone di AS mengunduh 48.4 aplikasi di telepon mereka. Dan pengguna iPhone di Eropa Barat rata-rata mengunduh 64.4 aplikasi di iPhone.

Strategy Analytics mencatat jika laba di tiga ‘pasar’ aplikasi tersebut masih dipimpin oleh Apple App Store yang mampu meraup USD 1.78 miliar. Blackberry App Store di tempat kedua dengan laba USD 165 juta, dan Android Market di tempat ketiga dengan USD 102 juta.

Survei yang dilakukan Strategy Analytics menggandeng responden 981 pengguna smartphone di AS dan 1.497 pengguna telepon pintar di Eropa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda