Scroll to Top

Tips Memperlambat Rambut Beruban

By Ilham Choirul / Published on Friday, 24 Feb 2012

Rasa minder biasanya membayangi orang yang masih muda tapi rambut mulai tumbuh uban. Mereka kerap menjadi bahan ejekan dengan dianggap tua sebelum waktunya. Munculnya uban sebenarnya juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Gen di tubuh Anda sudah mengatur kapan saatnya rambut memutih.

uban

Di samping itu, uban juga lebih cepat muncul dengan dipengaruhi faktor lain. Misalnya mudah stres atau kekurangan gizi yang menghambat pembentukan melanin. Namun, Anda bisa lakukan hal berikut untuk memperlambat proses rambut beruban. Dikutip dari Times of India, berikut langkahnya.

  • Jauhi stres. Tekanan dalam pikiran Anda hanya akan membuat tubuh Anda bereaksi, salah satunya, membuat rambut beruban. Kendalikan stres dengan mengimbanginya melalui relaksasi. Bermeditasi, memanjakan diri dengan pijatan, rekreasi, berkebun, dan aktivitas menyenangkan lainnya bisa dipilih untuk menyegarkan pikiran dari beratnya rutinitas Anda.
  • Gunakan labu. Labu punya manfaat memulihkan pigmen yang ada di akar rambut. Potonglah labu menjadi kecil dan masukkan ke minyak kelapa. Selanjutnya, diamkan selama tiga hari. Rebus campuran tadi hingga keluar residu berwarna hitam. Gunakan ramuan itu di akar rambut sambil dipijat. Tunggu beberapa waktu sebelum Anda membilasnya.
  • Konsumsi makanan yang mengandung protein, besi, yodium mineral, vitamin A dan vitamin B. Nutrisi tersebut mampu membuat rambut Anda lebih sehat dan memperlambat munculnya uban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda