Scroll to Top

Ibu Hamil Gemuk dan Perokok Wariskan Cacat Jantung Pada Janin

By Ilham Choirul / Published on Friday, 24 Feb 2012

Pregnant Woman Smoking

Penting hal ini diperhatikan oleh wanita hamil yang masih tetap merokok. Ternyata, banyak bayi lahir dengan kelainan jantung bawaan disebabkan oleh ibu mereka yang rutin merokok selama masa kehamilan. Risiko terkena kelainan ini makin tinggi jika sang ibu juga mengalami kegemukan.

Dikutip Science Daily, dalam sebuah publikasi yang diterbitkan online oleh Heart disebutkan, ada efek merusak yang disebabkan kombinasi kegemukan dengan merokok terhadap perkembangan janin. Ini salah satu faktor dari banyak faktor yang menganggu perkembangan janin pada masa kehamilan. Misalnya konsumsi alkohol atau tingkat pendidikan.

Jika seorang ibu perokok punya Body Mass Index (BMI) 25 ke atas, kemungkinan janin terkena cacat jantung bawaan meningkat 2,5 kali lipat. Potensi berbeda dengan wanita yang merokok saja, atau dia mengalami obesitas saja.

Kelainan jantung bisa berupa kelainan obstruktif saluran keluar. Di situ terjadi kekurangan atau hambatan aliran darah dari ventrikel jantung ke arteri paru atau aorta. Untuk jenis kelainan jantung yang ini, potensi kena ke janin tiga kali lipat pada ibu hamil yang kegemukan sekaligus perokok.

“Hasil ini menunjukkan, ibu merokok dan kelebihan berat badan mungkin terlibat dalam jalur yang sama yang menyebabkan cacat jantung bawaan,” tulis penulis pada publikasi itu. Temuan ini menambah bukti-bukti hubungan merokok dan kelebihan berat badan selama kehamilan, dengan berbagai kasus lahir mati atau keguguran, pertumbuhan terhambat, dan kelahiran prematur,” lanjut penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda