Scroll to Top

Firefox for Android Memiliki Celah Keamanan

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 25 Feb 2012

Firefox for Android

Sophos, sebuah perusahaan keamanan komputer pada akhir pekan ini memeringatkan pada pengguna Android untuk berhati-hati dalam menginstal peramban mobile Firefox untuk Android – versi beta – sebab menurut mereka software ini memiliki celah keamanan.

Munurut Sophos peramban mobile Mozilla ini memerlukan sebuah izin khusus atau permissions untuk menerima dan mengirim sebuah SMS yang diduga dapat digunakan oleh penjahat kriminal dunia maya dalam cyber crime.

“Fitur ini memiliki kerentanan yang cukup berbahaya. Pengiriman SMS diduga terkait dengan aplikasi jahat yang dirancang untuk mencuri uang (pulsa) Anda pada layanan premium SMS,” tegas David Pottage dari Sophos.

Masih menurutnya, dengan fitur tersebut pengguna Android tak akan sadar jika mereka telah mengirimkan SMS tertentu ke pelbagal layanan premium SMS. Dengan demikian maka uang (pulsa) mereka akan tersedot.

“Biasanya kasus ini akan bermula dari sebuah tautan yang memikat di sebuah website. Dan Anda memutuskan untuk menkliknya. Tautan ini berisi JavaScript ‘jahat’ yang dapat memerintahkan ponsel Anda untuk mengirimkan sebuah SMS secara otomatis,” David Pottage menambahkan.

David Pottage menyarankan pengguna Android untuk mematikan fitur permission untuk mengirim dan menerima SMS pada pengaturan Firefox for Android. Masih menurutnya, Google seharusnya memberikan sebuah perintah pada Android untuk meminta izin (permission) sebelum menerima dan mengirimkan sebuah SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda