Scroll to Top

Tiap Pasangan Punya Hasrat Punya Anak

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 26 Feb 2012

Kadang orang merasa khawatir terhdap keseriusan suatu hubungan cinta. Ada sebagian orang malah menginginkan hubungan hanya sebatas “suka-suka” tanpa berniat melanjutnkannya ke pelaminan. Sebagian lagi ada pula yang memiliki kekhawatiran untuk memiliki anak di kemudian hari. Ketakutan itu dipicu, misalnya, kekhawatiran dalam menjaga atau memenuhi kebutuhan hidup anak-anak.

merawat bayi

Namun, alam bawah sadar manusia sebenarnya menginginkan kehadiran anak dalam sebuah hubungan. Hal ini terungkap melalui penelitian yang dilakukan Ruth Feldman dari Bar-Ilan University di Ramat Gan, Israel. Sejumlah 65 relawan dilibatkan untuk mengetahui gambaran minat mereka terhadap anak.

Relawan dipilih dari orang tua baru, pasangan kekasih baru, dan mereka yang masih jomblo. Mereka diperlihatkan gambar bayi. Bagi yang sudah memiliki bayi, mereka juga diperlihatkan gambar bayi mereka sendiri dan wajah bayi yang lain. Sembari melihat  gambar, alat electroencephalography dipakai untuk melihat aktivitas otak mereka.

Hasilnya, ada aktivitas yang terjadi di bagian nucleus accumbens, anterior cingulate, dan amygdale pada relawan dari orang tua dan kekasih baru. Namun, aktivitas serupa tidak ditemukan pada relawan yang masih single.

Beberapa bagian otak tersebut berfungsi dalam aktivitas manusia yang berhubungan dengan pengasuhan. Dengan demikian, dikutip Times of India, orang yang memiliki hubungan cinta cenderung punya keinginan untuk memiliki bayi. Hal ini menyanggah pula anggapan jika pria tidak terlalu menginginkan kehadiran anak.

“Ini menunjukkan bahwa meskipun para pecinta tidak tahu itu, mereka secara fisiologis bersiap-siap untuk merespon bayi,” kata Helen Fisher dari Rutgers University di New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda