Scroll to Top

Gian Piero Gasperini: Pelatih Baru Inter Milan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 02 Jul 2011

gian piero gasperiniSecara mengejutkan, Massimo Moratti menunjuk Gian Piero Gasperini sebagai pelatih Internazionale Milan musim depan. Namanya jelas kalah tenar dibandingkan Andre Villas-Boas yang sempat digadang-gadang akan masuk ke San Siro.

Gasperini juga dipastikan akan tenggelam jika dibandingkan sederetan nama yang pernah menangani Internazionale sebelumnya seperti Massimo Lippi, Jose Mourinho, Roberto Mancini, atau Rafael Benitez.

Namun, Gasperini memiliki sebuah hal khusus yang membedakannya dengan kebanyakan pelatih tenar.

Ya, Gasperini pernah disebut Mourinho sebagai pelatih tersulit yang dihadapinya di Serie-A. Hal ini tercetus kala Gasperini menangani Genoa (dan berduel dengan Internazionale).

Kala itu, Gasperini menerapkan formasi 3-4-3 yang sangat ampuh (dan sangat berani untuk tim seperti Genoa di Liga Italia). Bahkan, mesin gol Internazionale, Diego Milito, adalah hasil sepuhan Gasperini.

Sayangnya, beberapa saat setelah Mourinho meninggalkan Internazionale ke Madrid, nasib Gasperini apes. Ia didepak setelah Genoa berada di zona degradasi pada awal musim 2010/2011.

Menganggur lebih dari setengah tahun, Gasperini kini mendapatkan posisi luar biasa; untuk pertama kalinya ia menangani tim besar dalam karier kepelatihannya. Kita lihat saja bagaimana “perjudian” Moratti kali ini.

Apakah Gasperini akan seperti Massimo Allegri yang sempat diragukan kapasitasnya musim lalu, namun ternyata mampu sukses mengantar AC Milan juara? Atau, sebaliknya, Gasperini akan melanjutkan siklus gonta-ganti pelatih ala Internazionale sebelum era Mancini dan Mourinho?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda