Scroll to Top

Jose Mourinho Meraih Kemenangan ke-50 di La Liga

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Feb 2012

Skor 0-1 atas Rayo Vallecano membawa berkah tersendiri bagi Real Madrid. Mereka tetap unggul 10 angka dari Barcelona. Selain itu, Jose Mourinho mencatatkan rekor prestisius dalam laga semalam.

Jose Mourinho

Mou sukses menaburkan kemenangan ke-50-nya di La Liga. Hal yang cukup fantastis mengingat ia baru menukangi Real Madrid 62 kali sejak musim 2010/2011. Artinya, dengan kemenangan ini, persentase Los Blancos meraih kemenangan di bawah kendali Jose Mourinho mencapai angka 80,6%.

Dalam 62 pertandingan di La Liga, Mou cuma menderita enam kali hasil seri dan enam kekalahan. Enam hasil seri ini terjadi ketika Real Madrid melawan Mallorca (0-0), Levante (0-0), Almeria (1-1), Deportivo La Coruna (0-0), Barcelona (1-1), dan Racing Santander (0-0). Lima hasil seri terjadi musim lalu sedangkan 1 sisanya terjadi musim 2011/2012.

Hasil seri terakhir terjadi pada 21 September lalu, kala Racing Santander menahan mereka 0-0 di El Molinon. Artinya, khusus di La Liga, sudah 5 bulan lebih Los Blancos tidak mengenal hasil seri.

Sementara itu, 6 kekalahan terjadi dari Barcelona (5-0), Osasuna (1-0), Sporting Gijon (0-1), Real Zaragoza (2-3), Levante (1-0), dan Barcelona (1-3). Empat laga awal terjadi musim lalu sedangkan 2 sisanya terjadi di musim 2011/2012.

Dari sekian hasil buruk ini, El Barca menjadi momok menakutkan bagi Los Blancos era Jose Mourinho. Persentase kemenangan 80,6% atas lawan-lawan lain menjadi sia-sia karena kala menghadapi Barcelona, persentase itu berubah menjadi 0% (seri sekali dan dua kali kalah). Bahkan persentase Barcelona memenangi El Clasico di La Liga mencapai 67% untuk total semua laga; dan 100% kala laga digelar di Santiago Bernabeu.

Yang menarik, persentase kemenangan Real Madrid yang begitu tinggi ini justru diawali dalam keadaan tidak beruntung. Ya, laga perdana Los Blancos bersama Jose Mourinho di La Liga, berakhir seri. Kala itu Real Mallorca mampu menahan imbang Madrid 0-0 di Iberostar Estadi pada pekan pertama musim lalu.

Kemenangan perdana Madrid di bawah Jose Mourinho terjadi pada 11 September 2010 kala menjamu Osasuna 1-0. Sejak saat itulah terlahir 181 gol bagi Los Blancos yang dibalas dengan 51 kali terbobol saja. Jika dibuat rerata, jumlah gol Real Madrid sangat fantastis. Mereka rata-rata mampu menjebol gawang lawan 2,92 gol per pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda