Scroll to Top

Pesta Durian di Pontianak

By C Novita / Published on Monday, 27 Feb 2012

Durian Pontianak

Durian, siapa yang tidak kenal buah dengan aroma khas yang menusuk ini. Indonesia memiliki berbagai macam varian durian, yang makin memperkaya jenis buah dengan kulit berduri ini.

Salah satunya adalah yang banyak sekali terdapat di wilayah Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. Di kota ini, buah durian bukan lagi menjadi buah ‘mahal’, karena panen hampir terjadi secara bergantian setiap bulan disetiap kabupaten di sekitar Pontianak.

Pedagang buah ini paling banyak dijumpai di sepanjang jalan raya Teuku Umar. Biasanya mereka mendirikan pondok-pondok kecil, dan durian yang digantung serta dipajang di sekeliling pondok tersebut.

Harganya pun sangat murah. Sebuah durian dengan ukuran sedang, dengan diameter 25 centi, dibandrol hanya sekitar Rp.5000 saja.

Yang membuat durian Pontianak menjadi spesial, kebanyakan buah yang dijual di pinggir jalan tersebut matang dari pohonnya di hutan. Hingga jarang ada buah muda yang dijual.

Apalagi yang matang dengan suntikan pemanis, atau matang paksa. Amat jarang ditemukan di Pontianak.

Namun, jika Anda ingin dapatkan durian yang pas matangnya, cukup minta si penjual untuk membukanya di depan Anda, hingga Anda dapat memilih menurut kematangan yang Anda suka.

Durian yang terlalu matang, biasanya memang agak tidak enak dikonsumsi begitu saja. Maka penduduk setempat akan mengolahnya menjadi dodol durian atau lempok, menurut bahasa kalimantan.

Ada pula yang diolah menjadi tempoyak, sejenis lauk teman makan nasi. Ini juga merupakan hidangan khas daerah Pontianak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda