Scroll to Top

Sering Dititipkan ke Pengasuh, Anak Bisa Alami Masalah Jantung

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Feb 2012

Sebagian orang tua kerap memutuskan menitipkan anak mereka karena tuntutan pekerjaan. Baik sang ayah atau ibu, hanya bisa menemani anak sepulang dari rutinitas itu. Anak pun seharian ditemani pengasuh dan menghabiskan hari siangnya tanpa kehadiran ayah ibunya.

pengasuh anak

Tahukah Anda? Anak yang dititipkan ke pembantu atau pengasuh juga punya psikologis yang sama ketika Anda menghadapi tumpukan pekerjaan. Benar, stres bakal dialami oleh anak, apalagi saat mereka masih bayi atau balita. Psikolog Inggris, seperti dikutip Times of India, mengatakan, bayi yang tahun-tahun awal diserahkan pengasuhannya kepada orang asing selain kedua orang tuanya, akan merasakan stres yang tinggi.

Sementara itu, Aric Sigman dari Royal Society of Medicine, mengatakan, ada kemungkinan anak terkena penyakit akibat pengasuhan oleh orang lain ini. Misalnya batuk pilek jangka pendek, sampai risiko permasalahan jantung tahun-tahun selanjutnya.

Dalam penelitian yang dilakukan Sigman, ada kecenderungan naiknya hormon kortisol pada anak dari 0-3 tahunan lebih yang mereka harus berhadapan dengan pengasuh setiap harinya. Otak anak tetap akan berkembang. Namun, naiknya hormon kortisol ini menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh dalam menghadapi infeksi kuman dan mempertinggi risiko sakit jantung dalam jangka panjang.

Hormon kortisol adalah hormon yang memberikan rasa tertekan atau stres saat jumlahnya banyak. Tingginya hormon kortisol berpengaruh pada imunitas. Semakin jarang anak mengalami stres maka hormon kortisol juga akan rendah. Dengan demikian, anak pun lebih terlindungi kesehatannya.

Jadi, sebisa mungkin lewati hari Anda bersama sang anak. Kalau sang ayah sebagai pencari nafkah, maka ibu bisa menjadi pendamping anak di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda