Scroll to Top

Kebiasaan Minum Teh Dapat Normalkan Tekanan Darah

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Feb 2012

minum teh

Sebagian orang Indonesia punya kebiasaan minum teh yang kuat. Di beberapa daerah, teh menjadi sajian wajib untuk menghormati para tamu. Di Jepang, minum teh — terutama teh hijau — sudah menjadi kebiasaan. Efeknya, warga Jepang yang rutin mengonsumsinya punya kecenderungan berumur panjang.

Inilah hebatnya khasiat teh. Berbagai jenis teh yang ada konon juga digadang punya khasiatnya tersendiri menurut penelitian. Sebagaimana studi yang dilakukan peneliti University of Western, Australia, teh hitam dapat menormalkan tekanan darah. Selain itu, teh secara umum juga mencegah penyakit jantung dengan meminumnya 8 cangkir per hari.

“Jangka panjang konsumsi rutin teh hitam menyebabkan tekanan darah secara signifikan lebih rendah pada individu,” tulis peneliti yang dipimpin oleh Jonathan Hodgson, seperti dikutip Times of India.

Penelitian yang dimuat jurnal Archives of Internal Medicine itu melibatkan responden yang dibagia dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberikan 429 mg polifenol yang setara 8 cangkir teh. Kelompok lain diberi minuman plasebo rasa teh.

Dalam pengamatan setelah enam bulan, peminum teh tensinya turun 2-3 mmHg. Tekanan darah berfluktuasi pada 112 dan 63 mmHg yang dianggap normal. Seseorang dianggap hipertensi saat pengukuran terbaca berfluktuasi pada 140 dan 90 mmHG.

Kebiasaan minum teh ini, kata peneliti, akan menurunkan tekanan darah sampai 10 persen. Semakin normal tekanan darah berarti risiko terkena serangan jantung juga rendah hingga 7-10 persen. Dalam studi lain, menambahkan susu pada teh tidak mengganggu penyerapan polifenol oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda