Scroll to Top

Liga Champions Sudah Dimulai!

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 02 Jul 2011

Babak 32 besar Liga Champions yang sering dianggap sebagai “babak resmi” baru dimulai pada September 2011 mendatang. Namun, sebenarnya persaingan untuk menjadi klub terbaik se-Eropa sudah dimulai akhir Juni ini.

Ya, klub-klub juara yang berasal dari negara dengan peringkat UEFA terendah sudah berlaga dalam babak kualifikasi Liga Champions. Babak kualifikasi ini sendiri terdiri dari empat tahap.

Pertama, kualifikasi pertama. Jika ada tim yang lolos, mereka mesti menempuh babak kualifikasi kedua, ketiga, dan babak play-off menghadapi klub-klub dari negara berperingkat UEFA yang lebih tinggi.

Nah, babak kualifikasi pertama digelar 28 Juni dan 7 Juli 2011. Dalam babak ini, ada empat juara liga dari negara berperingkat UEFA terendah. Mereka adalah F91 Dudelange (Luksemburg), Valletta (Malta), FC Santa Coloma (Andorra), dan Tre Fiori (San Marino). Keempatnya bertanding dalam sistem gugur.

Santa Coloma berhadapan dengan F91 Dudelange. Sementara itu, Valletta menghadapi Tre Fiori.

Dalam leg pertama, 28 Juni, Santa Coloma yang bertindak sebagai tuan rumah dikandaskan oleh F91 Dudelange dengan skor 0-2. Menariknya, pertandingan tersebut hanya ditonton oleh 300 orang, sesuai jumlah penduduk Andorra yang memang mini.

Valetta yang menjajal Tre Fiori dalam laga away, menang telak dengan skor 0-3. Sama seperti pertandingan sebelumnya, penonton laga ini cuma 500-an orang.

Nantinya, jika Valetta dan Dudelange lolos, mereka akan berhadapan dengan tim-tim juara liga negara-negara lain. Mulai dari Bulgaria, Israel, Wales, hingga Albania.

Perjalanan tim-tim juara liga-liga Eropa ini terus berlanjut hingga babak play off. Di sinilah akan ada lima tim raksasa liga raksasa Eropa yang menantang mereka.

Ada Bayern Muenchen yang berstatus peringkat 3 Liga Jerman, Arsenal (peringkat ke-4 Liga Inggris), Lyon (peringkat ke-3 Liga Prancis), Villarreal (peringkat ke-4 Liga Spanyol), dan Udinese (peringkat ke-4 Liga Italia). Nantinya, hanya ada 4 klub yang akan berhak lolos ke babak 32 besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda