Scroll to Top

Hutan Purba Tertutup Abu Vulkanik Ditemukan di China

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Feb 2012

hutanrawa

Baru-baru ini ditemukan sebuah hutan yang umurnya sudah sekitar 300 juta tahun. Hutan ini “terawat” karena tertutup oleh abu vulkanik yang menutup seluruh kawasan yang punya luas hampir satu kilometer persegi. Sebagian pepohonan telah rusak, namun banyak pula yang terlihat utuh karena terawetkan oleh abu.

Hutan ini ditemukan di kawasan hutan rawa-rawa di sekitar Distrik Wuda, China utara. Letaknya dekat dengan Mongolia. Dikutip BBC, volume abu yang menutupi hutan purba tersebut sangat besar. Penggalian pun baru difokuskan di tiga lokasi.

Menurut Hermann Pfefferkorn dari University of Pennsylvania, AS, nantinya temuan ini akan mengungkapkan banyak hal. Misalnya, saat ini peneliti sudah mengungkap enam kelompok pohon, seperti Sigillaria dаn Cordaites yang telah punah.

“Di lokasi itu, kita menemukan ranting. Dan setelah kita lacak lagi, ada dahan. Sehingga akhirnya kita mampu melacak pohonnya.Ini benar-benar menarik,” kata Pfefferkorn.

Diperkirakan, hutan purba ini muncul pada 299-251 juta tahun lalu. Kala itu, daratan pada beberapa benua masih menjadi sebuah daratan luas yang disebut Pangaea. Jenis hewan yang hidup kala itu seperti jenis mamalia, kura-kura, lepidosaurs, dаn archosaurs. Ada pula Noeggerathiales,  kelompok pohon besar уаng sudah punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda