Scroll to Top

Tips Cepat Akrab di Lokasi Tujuan Perjalanan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Feb 2012

berbaur

Berpergian keluar kota membuat kita mau tidak mau mesti membaur dengan masyarakat setempat. Apalagi, jika singgah dan menginap untuk beberapa waktu. Tiap daerah memiliki karakter masyarakat tertentu, terkait adat dan kebiasaan setempat. Nah, Anda pun juga perlu beradaptasi sebagai pendatang.

Dikutip Yahoo Travel, ada beberapa tips yang bisa Anda pakai agar Anda lebih mudah diterima oleh masyarakat di tempat yang Anda kunjungi.

  • Buat suasana bersahabat. Ketika Anda berada di lingkungan asing, jadilah pribadi yang ramah. Senyum yang tulus menjadi pintu awal yang baik agar masyarakat tidak segan dengan Anda. Ucapkan salam dan perkenalkan diri Anda. Cobalah untuk sebisa mungkin mengingat nama baru yang Anda kenal. Dan, carilah bahan obrolan yang mencairkan suasana agar tidak kaku.
  • Selalu bertindak sopan dalam hal apa pun. Hindari melakukan tindakan yang dianggap tidak sesuai dengan adat setempat. Bisa jadi suatu tindakan dianggap sopan di tempat tinggal Anda. Namun, mungkin tidak di tempat yang lain. Pakailah tutur kata dan bahasa tubuh yang baik.
  • Hindari berbicara dengan topik yang dianggap sensitif. Misalnya tentang isu SARA. Topik sensitif, kalau tidak pas penggunaannya, malah akan mengundang emosi dari masyarakat. Anda pun bisa diusir. Cukup cari tema obrolan yang umum dan lebih diterima oleh banyak orang.
  • Selipkan humor dalam obrolan Anda. Becanda akan mengakrabkan diri Anda dengan orang lain. Tapi, jangan kelewatan juga membuat lelucon yang menyinggung perasaan. Jadi, pilih lelucon yang populer saja.
  • Jadilah pendengar yang baik. Biasanya tuan rumah akan bercerita banyak hal kepada Anda. Dengarkanlah cerita dengan seksama tanpa mesti menjadi pendominasi dalam obrolan. Kalau dirasa sudah membosankan karena terlalu lama, muncurlah secara perlahan.
  • Tidak ada salahnya menraktir. Menyisihkan sebagian uang untuk menraktir kenalan baru itu ada gunanya juga. Ini akan menunjukkan Anda punya perhatian kepada mereka. Tidak perlu yang mahal, namun perlu tulus Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda