Scroll to Top

Facebook Diam-Diam Membaca SMS Pengguna?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 27 Feb 2012

Facebook baca data pengguna

Sebuah temuan baru seperti dikabarkan ZDNet, beberapa aplikasi smartphone populer yang banyak diunduh penggunanya diduga dapat mengakses pesan teks telepon. Dan bahkan akses ini dapat dilakukan meski telepon tersebut tidak sedang digunakan.

Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain Youtube, Flickr, dan Facebook. Selain mengakses data pesan (SMS) aplikasi ini mampu membaca informasi pribadi lainnya.

The Sunday Times melaporkan jika pengguna Android dan iPhone sangat rentan dengan serangan (aplikasi) ini. Entah aplikasi tersebut membaca data secara langsung atau bahkan mencuri – tidak meminta izin – tanpa aktivitas permissions.

Serangan lain dilaporkan jika aplikasi tersebut mampu untuk memutuskan panggilan telepon, mengakses camera ponsel jaraj jauh, hingga menentukan lokasi pengguna tanpa sepengatuan pemilik telepon.

Industri aplikasi diperkirakan bernilai hingga USD 6 miliar per tahun. Tidak banyak pengembang yang mengeruk keuntungan besar dalam bisnis aplikasi smartphone ini. Namun mereka kerap dikritik soal keamanan dan masalah privasi.

Apple dan Google sebagai pemilik ‘pasar aplikasi’ tidak gelap mata dengan kondisi yang demikian. Apple memiliki syarat yang ketat tatkala sebuah aplikasi sebelum dikirimkan ke Apple App Store. Sedangkan Google harus bekerja keras di tiap harinya dalam menghapus aplikasi yang dideteksi mengandung malware.

Pihak Facebook mengatakan jika aplikasi mereka menggunakan ‘hak akses’ yang terintegrasikan dengan sistem SMS di telepon. Namun bukan berarti Facebook ‘membaca’ isi SMS dalam telepon tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda