Andik - Beckham

Skill di atas rata-rata yang dimiliki Andik Vermansyah ternyata mendapat perhatian khusus dari Steve Darby. Pelatih kelahiran Inggris yang sudah malang-melintang di persepakbolaan Asia ini berpendapat bahwa Andik Vermansyah harus segera keluar dari Indonesia. Dengan kata lain, kapten Timnas Indonesia U-21 itu lebih baik bermain di luar negeri.

Meskipun bertubuh mungil, namun Andik Vermansyah sangat lincah dan energik serta piawai dalam mengolah bola. Potensi pemain Persebaya 1927 itu jangan disia-siakan agar bisa berkembang. Untuk itu, Steve Darby menyarankan agar Andik Vermansyah segera bermain di luar negeri. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Porto, Benfica, dan sejumlah klub Eropa lainnya berminat pada pemain yang kerap dijuluki sebagai Lionel Messi-nya Indonesia ini.

”Andik Vermansyah adalah talenta besar lainnya di Indonesia. Pemain dengan tubuh kecil, tetapi memiliki potensi yang sangat besar. Dia harus segera dikirim ke luar negeri agar dapat berkembang secepatnya,” kata pelatih yang pernah menangani Timnas Thailand U-23 dan sejumlah klub di Malaysia ini seperti dilansir dari Goal, Senin (27/2).

Bukan hanya Andik Vermansyah saja, para pemain berbakat dari Asia Tenggara lainnya juga harus diagendakan untuk bermain di luar negeri, seperti di Jerman atau Jepang. Namun, Steve Darby menyarankan agar mereka jangan dikirim ke Inggris lantaran negeri itu memberlakukan aturan yang cukup ketat.

”Mereka harus melupakan wacana mengirimkan pemain ke Inggris, bukan karena kemampuan, tetapi bagaimana situasi izin kerja di sana. Lebih baik mereka mengirim pemain muda ke negara-negara seperti Jerman atau bahkan Jepang dan dengan sistem yang kuat, para pemain dapat berkembang,” imbuhnya.