Scroll to Top

Setelah Trans TV, Kini Giliran SCTV dan TVOne Yang Dapat Teguran KPI

By Tyas / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

kpiKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) semakin menunjukkan kiprahnya sebagai lembaga yang bertugas untuk mengawasi segala macam bentuk penyiaran di tanah air.

Baru – baru ini, KPI kembali menjadi bahan pembicaraan setelah kritik tajam yang dilayangkannya kepada stasiun televisi swasta, Trans TV lewat acara ‘Ala Chef’. ‘Ala Chef’ dinilai melanggar beberapa pasal tentang kesusilaan dimana menurut KPI, Farah Quinn sang juru masak di acara tersebut menggunakan busana yang terlalu vulgar pada edisi 5 Februari 2012 kemarin.

Farah Quinn sendiri sudah memberikan tanggapan mengenai apa yang dituduhkan pihak KPI. Ia menanggap apa yang ia kenakan saat itu tidak bisa dianggap vulgar.

Setelah Trans TV, kini giliran TVOne dan SCTV ikut – ikutan kena tegur KPI. Lewat surat bernomor 96/K/KPI/02/12, tertanggal 27 Februari 2012, KPI memperingatkan Apa Kabar Indonesia yang tayang di TVOne. Berikut isi surat tersebut dilansir Tabloid Bintang.

Pada tanggal 4 Februari 2012 pukul 07.20 WIB menayangkan ilustrasi tentang dugaan keterlibatan I Wayan Koster dalam kasus korupsi Wisma Atlet. Bentuk ilustrasi yang ditayangkan berupa gambar desain grafis wajah I Wayan yang dilengkapi dengan asesoris khas kesenian “Topeng bali” yaitu “Topeng Tua” dan penyebutan kata “Bali”. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan nilai-nilai kesukuan dan larangan merendahkan dan/atau suatu suku, rasa tau golongan tertentu. Selain itu KPI Pusat telah menerima surat dari KPID Bali yang berisi alasan-alasan keberatan atas penayangan gambar tesebut. KPI Pusat sependapat bahwa penayangan gambar desain grafis tersebut tidak layak ditayangkan. KPI Pusat memberikan peringatan tertulis agar stasiun tersebut melakukan perbaikan internal untuk lebih berhati-hati dan sensitif terhadap penayangan adegan dan/atau gambar yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya.

Jika TVOne kena teguran di acara berita, lain halnya dengan SCTV. SCTV mendapat peringatan pada program acara Sinema Malam SCTV. Film ‘The Truth About Love’ yang ditayangkan pada 15 Februari 2012 dinilai melanggar norma kesusilaan karena menayangkan adegan yang semestinya disensor. Berikut isi selengkapnya.

Pada tanggal 15 Februari 2012 pukul 01.30 WIB menayangkan gambar seorang perempuan dengan payudara yang terbuka dalam cover DVD. Selain itu, pada segmen lain ditayangkan juga adegan ciuman bibir dan eksploitasi payudara. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas pelarangan adegan seksual sertanorma kesopanan dan kesusilaan yang disiarkan lembaga penyiaran. KPI juga meminta stasiun tersebut agar melakukan evaluasi internal terutama untuk menjamin agar penayangan gambar dan adegan-adegan yang dimaksud tidak ditayangkan kembali. Tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 8 serta SPS Pasal 9 dan Pasal 17 huruf a dan g.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda