Scroll to Top

Bermain Game “Fisik” Ternyata Tidak Mempengaruhi Kesehatan

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

Mungkin kita sudah tau jenis konsol game yang menuntut gerak fisik yang cukup banyak. Konsol yang dimaksud adalah Nintendo Wii dan Xbox (dengan Microsoft Kinect). Kedua konsol tersebut bisa dikatakan membawa interaksi baru dalam dunia gaming karena kitalah yang “menggunakan” tubuh kita sebagai controller.

Studi terhadap gaming

Makanya, kedua konsol tersebut bisa dijadikan alasan bagi anak-anak yang ingin beraktivitas fisik di rumah, dengan cara menyenangkan. Hal ini menjadi perhatian dari sebuah hasil studi dari AS. Studi yang dilakukan Baylor College of Medicine, Houston AS mengatakan bahwa, game fisik semacam Wii dan Kinect tidak memberi dampak kesehatan apapun pada anak-anak yang memainkannya.

Hasil tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan mereka terhadap dua kelompok anak-anak. Kelompok pertama bermain game biasa (konsol biasa tanpa butuh gerak fisik) dan kelompok kedua bermain game dengan gerak fisik (Wii atau Xbox). Hasilnya, dari kelompok kedua ternyata tidak memiliki perbedaan mencolok dari kelompok pertama.

Salah satu anggota tim bernama Tom Baranowski mengatakan, mereka terkejut akan hasil yang mirip. Hal ini dikarenakan mereka mengira akan ada perbedaan antara anak-anak yang bermain game gerak fisik dengan bermain menggunakan controller biasa. Nah apakah anda masih berpikir game dari Wii atau Kinect mampu memberi pengaruh pada kesehatan fisik anda? (via The Verge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda