Tips bikin kentang gorengKentang goreng adalah makanan ringan yang kerap dikonsumsi dengan cocolan saos sambal dan tomat. Rasanya yang asin, gurih dan renyah bisa membuat siapa saja tidak rela berhenti mengunyahnya.

Namun sayang, harga sekantung kentang goreng lumayan mahal, sementara isinya tidak cukup untuk memuaskan selera ngemil Anda bukan?

Nah, ada baiknya Anda mencoba membuat sendiri, sebab selain lebih murah, kebersihannya juga terjaga dan Anda akan lebih trampil di dapur. Berikut tips membuat kentang goreng agar renyah mirip dengan yang ada di restoran cepat saji.

  • Jenis Kentang

Pilih jenis kentang yang halus permukaan kulitnya, tidak memar dan banyak luka. Warna kentang pilih yang coklat muda segar, jangan yang kehijauan, sebab kulit kentang yang kehijauan berarti mengandung racun solanin. Besarnya cukup yang sekepal tangan orang dewasa. Jangan terlalu kecil, sebab akan merepotkan saat mengupas dan memotong.

  • Rebus Dahulu

Untuk mendapatkan kentang goreng dengan warna putih yang cantik, maka ada baiknya dilakukan proses blansir(rebus sebentar dalam air mendidih, lalu angkat). Kentang yang sudah dikupas dan dipotong, rebus dalam air mendidih selama 2 menit saja, lalu angkat, tiriskan, dan rendam dalam air dingin selama 10 menit.

  • Minyak banyak

Gunakan minyak goreng baru(bukan jlantah), yang cukup banyak hingga menutupi seluruh potongan kentang dalam wajan. Seringlah mengaduk kentang di wajan, agar panas merata. Gunanya juga mencegah warna menjadi coklat tua.

Pemberian perasa kentang goreng sebaiknya dilakukan setelah kentang matang. Jangan sebelum menggoreng kentang. Ini juga mempengaruhi warna kentang, agar tetap putih dan renyah.