Jacksen F Thiago

Kualitas wasit di Indonesia rupanya sudah sangat luar biasa buruknya. Bahkan, sosok pelatih ramah dan murah senyum seperti Jacksen F. Thiago pun sudah habis kesabaran menyikapi sangat rendahnya mutu kepemimpinan wasit di Indonesia, khususnya saat laga Persipura Jayapura melawan Persib Bandung, Senin (27/2) kemarin.

Wasit yang memimpin laga itu, Ole Hadi, bahkan disebut oleh Jacksen F. Thiago sebagai wasit terburuk di dunia. Meskipun tim asuhannya menang telak 4-1 dalam laga tersebut, Jacksen F. Thiago tidak bisa menahan kegeramannya terhadap kepemimpinan wasit Ole Hadi yang dinilainya sangat buruk.

”Saya anggap wasit Ole Hadi yang terjelek di dunia!” tukas pelatih Persipura asal Brasil ini geram.

Selama ini, Jacksen F. Thiago memang dikenal sebagai sosok pelatih yang kalem lagi santun. Namun, ketidakbecusan Ole Hadi dalam memimpin laga kemarin membuat mantan pelatih Persebaya itu geregetan. Bahkan, Jacksen F. Thiago meminta agar Ole Hadi jangan lagi memimpin pertandingan.

”Saya ingin wasit ini jangan lagi pimpin laga Persipura, sebagai cadangan sekalipun!” seru Jacksen F. Thiago kesal.

Pihak Persib Bandung pun menyayangkan payahnya kinerja Ole Hadi. Pelatih Maung Bandung, Drago Mamic, juga menyatakan kecewa dengan wasit yang dinilainya sebagai wasit terburuk yang pernah ditemui di sepanjang karirnya itu.

Apa yang diungkapkan Jacksen F. Thiago dan Drago Mamic kian menambah panjang daftar hitam korps wasit Indonesia, baik di ISL maupun IPL. Sebelumnya, pelatih Arema IPL Dejan Antonic dan pelatih Persija ISL Iwan Setiawan juga merisaukan hal yang sama. Bahkan, Iwan Setiawan langsung mundur dari kursi pelatih Persija ISL saking kecewanya.