Scroll to Top

Duduk Tujuh Jam Sehari, Tingkatkan Risiko Diabetes pada Wanita

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

Duduk Lama

Wanita karir yang setiap hari mesti kerja sambil duduk lama sebaiknya mawas diri. Sebuah penelitian dari Universitas Leicester mengatakan, ada risiko bagi wanita yang duduk hingga tujuh jam sehari untuk kena diabetes tipe dua. Tanda-tanda diabetes ini terlihat bagi wanita kurang aktif ini dibanding dengan mereka yang banyak gerak dalam aktivitasnya.

Peneliti tidak menemukan hal yang sama pada pria yang duduk lama. Kecenderungan munculnya tanda diabetes hanya terlihat pada wanita. Tes darah yang dilakukan menegaskan tanda tersebut.

Sebanyak 505 pria dan wanita berusia 59 tahun ke atas dijadikan relawan penelitian. Kebiasaan duduk mereka diamati dan diukur kadar kimia pada tubuh yang berpotensi menimbulkan diabetes.

Dari pengamatan ditemukan, kadar hormon insulin pada wanita yang punya kebiasaan duduk terpanjang menunjukkan terjadi resistensi. Kemampuan untuk menurunkan gula darah berkurang dan menyebabkan tanda awal munculnya diabetes. Kadar protein C-reaktif, leptin, adinopectin dan interleukin-6 juga terlihat meninggi. Zat kimia tubuh ini diproduksi jaringan lemak di perut yang bisa mengarah pada peradangan berbahaya.

“Studi ini memberikan bukti baru tentang tingkat yang lebih lama pada saat duduk dan terbebas dari aktivitas fisik, memiliki dampak merusak terhadap resistensi insulin dan peradangan kronis tingkat rendah pada wanita, bukan pria,” ujar peneliti yang dirilis American Journal of Preventive Medicine, sebagaimana dikutip Times of India dari DailyMail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda