Scroll to Top

Jauhkan Kafein dari Ibu Menyusui

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

Bagi para ibu yang sedang dalam proses menyusui anak, sebaiknya hindari minum kopi, teh, dan makan coklat berlebihan. Mengonsumsi ketiganya dalam jumlah banyak menyebabkan terkumpulnya kafein yang besar dalam tubuh Anda. Ini akan memengaruhi bayi Anda lewat ASI yang diminumnya.

ibu minum kopi

Anjuran tersebut berlaku juga untuk berbagai makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Seperti minuman energi, soda, dan sebagainya.

Kafein yang masuk ke tubuh ibu, akan tersalur juga ke bayi lewat ASI. Dr Ruth Lawrence dari Department of Pediatrics, University of Rochester School of Medicine and Dentistry, mengatakan, kafein menyebabkan proses metabolisme bayi tidak berjalan. Tubuhnya belum mampu mengeluarkan kafein dengan baik. Akibat yang muncul adalah bayi gampang marah dan lebih sering terjaga daripada tidur. Padahal, tidur dengan waktu cukup menjadi proses penting pada perkembangan otak bayi.

“(Ibu) harus mengonsumsi segala sesuatu yang telah diatur, dan mencoba untuk menghindari peluang yang benar-benar memungkinkan terjadinya penambahkan banyak kafein,” kata Lawrence, dikutip Times of India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda