Scroll to Top

Jose Mourinho Mengalahkan Josep Guardiola

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

Duel Barcelona dan Real Madrid dalam dua tahun terakhir semakin hidup berkat kehadiran Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal yang mengarsiteki Los Blancos sejak musim 2010/2011, tidak hanya membawa persaingan di dalam lapangan, tetapi juga memberikan bumbu-bumbu panas di luar lapangan.

Josep Guardiola 2

El Clasico, yang jumlahnya kebetulan begitu banyak sejak Mou ada, selalu penuh ketegangan. Kejar-kejaran poin di Liga Spanyol pun begitu seru dinikmati. Setidaknya, setelah rezim Manuel Pellegrini yang berkuasa di Real Madrid pada musim 2009/2010, Barcelona kembali menemukan lawan tangguh yang mengimbangi; bahkan (untuk pertama kali) melebihi mereka.

Ya, jika kita hanya melihat data-data kasar di tabel klasemen berupa jumlah poin yang tercipta, jumlah kemenangan, dan jumlah kekalahan Barcelona dan Real Madrid dalam hampir dua tahun terakhir, ada hal yang menarik. Real Madrid era Jose Mourinho memenangi dua hal yang disebutkan di muka, sedangkan Barcelona yang diasuh Pep Guardiola cuma memenangi yang terakhir: jumlah kekalahan.

Jumlah Poin Yang Tercipta

Barcelona musim lalu memenangi La Liga dengan mudah. Gelar sudah didapatkan sebelum liga berakhir. Total pasukan Pep Guardiola mengumpulkan 96 poin. Real Madrid cuma terpaut 4 angka, 92 poin.

Musim ini, Real Madrid sukses melampaui angka Barcelona dengan telak; bahkan jika digabungkan dengan musim lalu. Setidaknya hingga pekan ke-24. Musim 2011/2012, Los Blancos sukses menabung 64 poin. Sementara, Barcelona cuma 54 angka.

Jika ditambahkan dengan angka musim lalu, El Real memperoleh 156 angka. Sementara, Barcelona mentok di angka 150. Artinya, ada perbedaan 6 angka.

Jumlah Kemenangan

Keunggulan Real Madrid era Jose Mourinho dibandingkan Barcelona juga bisa dilihat dari jumlah kemenangan. Musim lalu, El Real meraih 29 kemenangan, sementara Barcelona 30 kali meraih tiga angka.

Musim ini, Real Madrid melaju pesat dengan 21 kemenangan. Sementara itu, Barcelona yang musim lalu unggul 1 kemenangan, lebih banyak seri. Alhasil, mereka cuma mendapatkan 16 kemenangan.

Jika digabungkan, dalam hampir dua tahun ini, Real Madrid mendapatkan 50 kemenangan. Sementara, Barcelona cuma 46 kemenangan.

Jumlah Kekalahan

Satu senyum bagi fans Barcelona bisa diukir. Meski tim mereka lebih sedikit mendulang poin dan meraih kemenangan, faktanya Barcelona lebih sedikit kalah.

Dalam rentang hampir dua tahun, El Barca cuma empat kali terhempas dari Hercules, Real Sociedad, Getafe, dan Osasuna.

Sementara itu, Real Madrid sudah enam kali tumbang. Yaitu, dari Barcelona, Osasuna, Sporting Gijon, Real Zaragoza, Levante, dan sekali lagi Barcelona.

Mengingat La Liga masih menyisakan 14 laga lagi, bukan tidak mungkin ketiga elemen perbandingan di atas bisa berubah. Mungkin saja Real Madrid akan semakin jauh mengungguli Barcelona dari segi perolehan poin, atau sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda