Scroll to Top

Apotek Online Jual Drugs Lewat Media Sosial

By angelberta / Published on Wednesday, 29 Feb 2012

apotek online ilegal

“Apotek online ilegal sudah mulai menggunakan media sosial untuk mendapatkan pelanggan pada situs Web mereka,” begitu kata Hamid Ghodse, direktur International Narcotics Control Board (Dewan Pengendalian Narkotika Internasional) dalam laporan tahunan yang diterbitkan Selasa kemarin.

Pemanfaatan penggunaan media sosial tersebut dinilai dapat menyita perhatian penggunjung situs terutama bagi kalangan anak muda/remaja, yang tentu memiliki resiko berbahaya mengenai obat-obatan terlarang.

Terlebih lagi, mengingat bahwa organisasi kesehatan dunia WHO telah menemukan bahwa dari 12.000, ada 5.500 jumlah obat-obatan dari apotek online ilegal itu adalah bahan/zat obat-obatan terlarang yang tidak disebutkan namanya.

Hamid Ghodse juga mengatakan dalam konferensi pers di London bahwa farmasi online nakal ini menggunakan media sosial seperti YouTube atau Facebook untuk menarik orang lewat chatroom.

Farmasi online ilegal sering berpura-pura menjual secara legal, padahal sebenarnya menyelundupkan produk ilegal kepada pelanggan mereka. Banyak obat-obatan palsu yang dijual, ini sangat berbahaya.

“Aspek utama kegiatan apotek online ilegal yaitu penyelundupan produk, menemukan ruang hosting untuk situs Web mereka, dan meyakinkan konsumen bahwa apotek online tersebut benar-benar legal,” tambah Hamid Ghodse lagi.

Menurut pemberitaan Reuters, International Narcotics Control Board mendesak pemerintah untuk menutup farmasi online ilegal tersebut, dengan cara mematikan aktivitas apotek online ilegal dan menyita bahan-bahan legal yang diselundupkan melalui sistem pos.

“India sudah diidentifikasikan sebagai negara asal bahan-bahan obat yang original, dengan perhitungan sebanyak 58% bahan yang disita, sedangkan Amerika Serikat, China dan Polandia juga diidentifikasi sebagai negara signifikan asal.”

Dalam laporan tahunannya, International Narcotics Control Board juga mengatakan bahwa penyalahgunaan obat dan perdagangan narkoba telah menjadi endemik hampir di seluruh dunia.

Hal ini merupakan bagian dari lingkaran setan yang mengakibatkan masalah sosial seperti kekerasan, kejahatan, korupsi, pengangguran, kemiskinan, kesehatan dan pendidikan yang buruk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda