Scroll to Top

Cegah Sakit Jantung dan Stroke dengan Mulut Sehat

By Ilham Choirul / Published on Monday, 04 Jul 2011

mulut sehat senyum indahTernyata, kesehatan mulut tidak boleh diabaikan. Bukan sekadar  mendapatkan senyum yang indah, mulut yang sehat mampu mengurangi resiko ancaman sakit jantung dan stroke.

“Banyak penelitian yang menunjukkan hubungan kesehatan mulut terhadap bagian tubuh yang lain,” kata Dr. Heather Stamm, seorang dokter gigi di Denver, Amerika Serikat, seperti dikutip Los Angeles Times.

Meski penelitian masih dalam tahap awal, ada bukti hubungan antara penyakit gusi (periodontitis) dengan kesehatan secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya, peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan mungkin kelahiran prematur.

Periodontitis adalah peradangan dan infeksi pada jaringan yang mengelilingi gigi, yang  dapat menyebabkan tulang keropos dan berakhir dengan hilangnya gigi. Diduga, penyakit ini berkontribusi pada kejadian kasus kardiovaskuler dan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda