Scroll to Top

Megaupload Ditutup, Kenapa Mediafire dan 4shared Masih Beroperasi?

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 01 Mar 2012

Kabar terbaru mengenai Megaupload, situs berbagi yang ditutup beberapa bulan lalu muncul. Kali ini berkaitan dengan pendirinya, Kim Dotcom. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh 3news Campbell secara live, Kim menjelaskan lebih jauh mengenai posisinya.

Pendiri Megaupload

Dilansir dari TorrentFreak, Kim Dotcom mengatakan Megaupload menghabiskan dana jutaan dolar berkaitan aturan penyimpanan file. Saran dari para ahli hukum mengenai Megaupload adalah, Megaupload sudah melakukan yang terbaik terhadap file ilegal. File yang memiliki hak cipta akan dihapus, dan Megaupload tidak bisa dituntut atas tindakan penggunanya.

Kim membandingkan kasusnya dengan kasus antara YouTube melawan Viacom tahun 2010 lalu. Pada kasus YouTube tersebut, Google memenangkannya. Hakim kasus mengatakan bahwa situs seperti YouTube tidak bisa dimintai pertanggungjawabannya atas konten milik pengguna. YouTube juga menghapus konten yang memiliki hak cipta apabila diminta oleh pemegang hak cipta tersebut.

Kim meminta hak yang sama terhadap Megaupload. Menurutnya, Megaupload sudah menjalankan kewajibannya sebagai situs file sharing. Jika Megaupload ditutup, kenapa situs berbagi seperti Rapidshare, Mediafire dan 4Shared masih beroperasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda