Scroll to Top

Irlandia Setujui Undang-Undang SOPA

By Ibnu Azis / Published on Friday, 02 Mar 2012

SOPA PIPA

Beberapa waktu lalu EMI, sebuah perusahaan rekaman menggugat Pemerintah Irlandia tatkala gagal dalam menerapkan sebuah RUU yang menyerupai SOPA.

Padahal dengan RUU tersebut, Internet Service Provider (ISP) akan bertindak laiknya ‘polisi’ hak cipta dalam memblokir akses internet ke pelbagai situs yang diduga melakukan pembajakan.

Akibat peristiwa ini, akhirnya Pemerintah Irlandia setuju untuk menandatangani RUU tersebut untuk menjadi sebuah undang-undang. Meski aksi tersebut menimbulkan protes keras dari beberapa kalangan.

Menteri Penelitian dan Inovasi Irlandia mengatakan, jika RUU ini harus mendapatkan dukungan dari Pengadilan Uni Eropa sebelum pengadilan mengeluarkan surat perintah bagi ISP.

“Untuk mengeluarkan perintah tersebut harus mendapatkan bimbingan dari Pengadilan Uni Eropa. Tanpa dukungan ini, maka pengadilan urung untuk memblokir ISP nakal,” papar Sean Sherlock, Menteri Penelitian dan Inovasi Irlandia.

Namun pemegang hak cipta seperti EMI dapat mengeluarkan sebuah petisi untuk memaksa ISP dalam memblokir semua akses ke pelbagai situs yang diindikasi melakukan pelanggaran.

“Memang UU ini menimbulkan polemik. Banyak pihak yang menganggap jika UU ini akan menghambat inovasi. Negara menyadari jika hukum hak cipta berseberangan dengan inovasi,” tambah Sean Sherlock.

Dengan demikian Pemerintah Irlandia akan mencoba bergerak dalam dua arah sekaligus. Pertama bagaimana melayani kepentingan industri hiburan terkait dengan hak cipta.

Dan yang kedua adalah bagaimana untuk meningkatkan inovasi dan kreasi tanpa harus bersinggungan kepentingan dengan pemegang hak cipta.

Persoalan tentang hak cipta menjadi perbincangan publik dunia dalam beberapa bulan ini. Dimulai dari isu SOPA PIPA, dari hari ke hari kasus serupa di pelbagai belahan bumi lain mulai merebak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda