Scroll to Top

PSSI: FIFA yang Melarang Pemain ISL Masuk Timnas

By Aditya / Published on Friday, 02 Mar 2012

Timnas Indonesia

Kebijakan PSSI memanggil pemain untuk mengisi skuad Timnas Indonesia hanya dari kompetisi IPL saja menuai kritikan dari banyak pihak. Apalagi setelah Timnas Indonesia bentukan PSSI itu menuai hasil sangat buruk saat dilibas Bahrain dengan skor telak 0-10 dalam lanjutan Kualifikasi Pra Piala Dunia 2014 yang digelar Rabu (29/2) yang baru lalu.

Hasil memalukan tersebut tak pelak memantik kecaman dari banyak kalangan, bahkan tidak sedikit yang menuntut agar Djohar Arifin Husin segera mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI karena dianggap diskriminatif dalam memilih para pemain untuk membela Timnas Indonesia.

Namun, PSSI punya banyak alasan untuk tetap mempertahankan kebijakannya tersebut. Selain tidak mengakui keberadaan ISL sebagai liga resmi karena telah digantikan dengan hadirnya IPL, PSSI juga mengaku tunduk pada Statuta FIFA yang menyebutkan bahwa pemain dari liga ilegal tidak boleh membela tim nasional.

Menurut Djohar Arifin Husin, yang melarang pemain ISL untuk membela tim nasional adalah FIFA, bukan PSSI. PSSI yang bernaung di bawah keanggotaan FIFA hanya mematuhi aturan yang telah ditentukan oleh Badan Sepakbola Dunia itu.

”PSSI tidak melarang (para pemain yang berkompetisi di ISL untuk membela timnas), tapi (aturan) FIFA yang melarang,” kata Djohar Arifin Husin dalam konferensi pers yang diadakan PSSI di Jakarta, Jumat (2/3).

Namun demikian, banyak kalangan yang meyakini bahwa itu hanyalah siasat PSSI saja. Sudah menjadi rahasia umum, persepakbolaan di Indonesia saat ini sedang diperebutkan oleh dua kubu yang saling mengklaim paling benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda