Scroll to Top

Ronaldo Menjadi Mandor Pembangunan Stadion Maracana?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Mar 2012

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika melihat foto di bawah ini? Ronaldo dan Bebeto, dua eks pemain terbaik Brazil, tengah berubah menjadi mandor bangunan?

Ronaldo Bebeto

Tentunya tidak. Dua pemain yang pernah membawa Brazil menjadi runner-up Piala Dunia 1998 ini tengah mengunjungi renovasi Stadion Macarana yang akan digunakan sebagai salah satu stadion di Piala Dunia 2014 Brazil. Kedatangan Ronaldo dan Bebeto di stadion legendaris ini bukan tanpa alasan.

Mereka berdua hadir dalam kapasistas sebagai administrator anggota dewan Komite Penyelenggara Lokal (LOC) Piala Dunia 2014. Hadirnya Ronaldo diharapkan mampu menambah semangat sekitar 4.000 pekerja yang tengah membangun stadion tersebut.

Ronaldo sendiri sempat memberikan pesan tentang pentingnya memakai peralatan keselamatan kerja yang lengkap ketika para pekerja merenovasi stadion. Dalam pidatonya, Ronaldo sedikit curhat tentang karier sepakbolanya, sekaligus menghubungkan dengan keselamatan kerja para buruh bangunan ini.

“Ketika masa awal saya bermain sepakbola, penggunaan pelindung kaki (decker) tidak terlalu penting. Akibatnya, saya beberapa kali mengalami cedera atau terluka. Pada akhirnya, pelindung kaki diwajibkan demi meningkatkan keselamatan para pemain agar terhindar dari cedera.”

“Oleh karena itu, semua peralatan keselamatan kerja yang semestinya Anda pakai, wajib digunakan demi mencegah hal-hal yang buruk.”

Bukan tanpa alasan Ronaldo memotivasi para pekerja untuk menjaga keselamatan mereka sendiri. Pada tahun 2010, tercatat ada 54.664 kecelakaan kerja para buruh bangunan di Brazil. 2.500 di antaranya berujung pada kematian. Brazil sendiri menduduki peringkat keempat dalam hal negara dengan kematian pekerja bangunan tertinggi di dunia.

Selain memberi wejangan tentang pentingnya keamanan kerja, Ronaldo tak lupa memberi janji yang akan membuat semua pekerja tergiur.

Katanya, “Ketika stadion Maracana sudah selesai, dan saya sudah merampungkan tugas di Fortaleza dan Salvador (dua kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia), saya berjanji untuk membawa beberapa kawan agar bisa bermain sepakbola dengan Anda-Anda semua.”

Dipastikan, para pekerja akan semakin giat dan disiplin menggarap Maracana. Siapa yang tidak mau beradu olah bola dengan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda