Scroll to Top

Baju Merah Bikin Pria Terperangah

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 03 Mar 2012

Kalau buat banteng, warna kain merah yang dibentangkan matador membuatnya bersemangat untuk menyeruduk. Beda halnya dengan simpanse. Warna merah di wajah simpanse betina akibat meningkatnya estrogen, justru membuat simpanse jantan bergairah ingin menggaulinya. Lalu, bagaimana pengaruh warna ini terhadap manusia?

wanita baju merah

Menurut penelitian dari University of Rochester, New York, pria punya kecenderungan tertarik pada wanita yang memakai busana warna merah daripada warna lain. Apapun bentuk busananya – baik kaos, gaun, sampai lingerie sekali pun – cukup membuat pria memberikan perhatian. Minimal, itu ditunjukkan dengan tatapan matanya.

Adam Pazda, psikolog yang juga sang peneliti, meminta 25 responden pria untuk mengamati sebuah foto seorang wanita. Mereka ditunjukkan beberapa foto wanita itu dengan pakaian yang warnanya berlainan. Responden diminta menilai keseksian wanita itu dan memberikan jawabannya dalam bentuk angka dari skala 1-9.

Hasilnya, foto yang mengenakan pakaian merah mendapat penilaian lebih baik dari responden. Pazda mengatakan, kesamaan pandangan ini kemungkinan akibat bentuk evolusi atau fenomena kultural. Dan, dilihat dari sisi psikologis, warna merah memang mampu membangkitkan semangat.

Penelitian ini dimuat Journal of Experimental Social Psychology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda