Scroll to Top

Baidu Tambahkan Hasil Penelusuran Real Time Sina Weibo

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 03 Mar 2012

BaiduGoogle-nya China, Baidu, kini akan semakin sosial. Sebab mesin penelusuran rakyat China ini telah diperkuat dengan amunisi real time result dengan menggandeng microblogging lokal.

Sina Weibo adalah microblogging lokal China nomor satu yang kian hari makin populer. Situs ini menjadi rujukan tatkala Facebook dan Twitter ‘diharamkan’ di negeri Tirai Bambu tersebut.

Google sendiri pernah melakukan hal serupa laiknya Baidu. Twitter pernah digandeng untuk menghadirkan real time result di hasil penelusuran.

Namun sayang jejaring sosial kicauan ini mangkir dan fitur tersebut telah tidak tersedia lagi pada pertengahan tahun 2011 silam.

Sekarang, Baidu melakukan hal yang serupa dengan apa yang telah dilakukan oleh Google. Namun tidak dengan Twiter, melainkan Sina Weibo.

Mesin penlusuran ini akan menampilkan real time result baik itu berita, atau topik penelusuran paling hangat (trending topic), dari Sina Weibo.

Hasil penelusuran tersebut nantinya akan disematkan dengan label tertentu dengan penjelasan jika konten tersebut berasal dari situs sosial (Sina Weibo).

“Kami memroses miliaran pencarian tiap harinya. Dan mereka memertanyakan terkait dengan informasi real time,” ujar Zhang Dongcheng, asisten eksekutif dari Baidu.

Masih menurutnya, kerjasama antara Baidu dan Sina Weibo ini akan menyelesaikan integrasi konten dengan kualitas tinggi dari empat platform microblogging China terkemuka.

“Baidu adalah saluran yang sangat efisien untuk memerluas jangkauan dari kualitas informasi real time untuk netizens,” papar Peng Shaobin, wakil presiden dan general manager operasional Sina Weibo.

Masih menurutnya, pengguna internet China akan mendapatkan lebih dari sekadar pencarian. Namun konten didalamnya akan lebih sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda