Scroll to Top

Timnas Wanita Jepang Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2011

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 03 Jul 2011

Luar biasa prestasi timnas sepakbola wanita Jepang. Kala wakil Asia lainnya, Korea Utara dan Australia tampil kurang menggigit dalam pertandingan awal babak penyisihan grup Piala Dunia 2011, Jepang malah memastikan diri berhasil mencapai babak perempat final.

Kesuksesan Jepang ini tidak terlepas dari dua kemenangan beruntun mereka. Pertama, Nadeshiko Japan menekuk Selandia Baru 2-1. Kedua, Jepang mengempaskan Meksiko empat gol tanpa balas.

Berkat hasil ini, Jepang memperoleh poin 6; unggul dua angka dari Inggris. Pertemuan kedua kubu di pertandingan terakhir Grup B hanya mempertaruhkan siapa yang akan menjadi juara grup.

 

Perjalanan Panjang

Sebenarnya, prestasi Jepang di Piala Dunia 2011 merupakan tempaan perjalanan panjang mereka selama hampir lima tahun terakhir. Pada Piala Dunia 2007, Jepang memang terhenti pada penyisihan grup. Namun, mereka sudah menyalakan sinyal waspada untuk semua lawan kala mampu menahan Inggris 1-1 dan menaklukkan Argentina 1-0.

Sejak saat itu, Jepang seolah melambung begitu tinggi. Dalam Olimpiade 2008, mereka sukses menjadi peringkat ke-4 dunia. Pada tahun yang sama, Nadeshiko Japan berhasil menjadi juara ketiga AFC Cup.

Pemanasan berikutnya adalah AFC Cup 2010. Lagi-lagi, Jepang mentok di peringkat ketiga. Namun, pada Asian Games, terjawab sudah kerja keras mereka. Jepang mendapatkan medali emas!

 

Menjaga Rekor 100%

Dengan capaian-capaian di beberapa turnamen tersebut, memang merupakan hal wajar jika kali ini Jepang mampu berbicara banyak di Piala Dunia.

Yang paling bangga dengan hasil ini barangkali adalah si nomor punggung 10, Homare Sawa. Pemain berusia 32 tahun ini sementara menjadi top skorer Piala Dunia 2011 berkat hattricknya ke gawang Meksiko.

Kita lihat saja, apakah Jepang juga akan mampu menggilas Inggris pada 5 Juli mendatang untuk memantapkan posisi mereka di Grup B.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda