Scroll to Top

‘Password1′: Kata Sandi Favorit Karyawan Kantor

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 03 Mar 2012

Password Favorit

Password atau kata sandi tak hanya ditemui tatkala dalam aktivitas di dunia maya atau internet. Pemakainan nama pengguna dan kata sandi juga kerap ditemui di dunia pekerjaan.

Menurut laporan dari Trustwave dalam Global Security Report 2012, salah satu ancaman besar dalam dunia bisnis perusahaan salah satunya dari pemilihan dan penggunaan password.

Secara ekstrim Trustwave bahkan menyebutkan jika password atau kata sandi favorit pengguna bisnis (pekerja kantoran) adalah ‘Password1’.

Sangat ironis bukan, kata sandi tersebut sangat mudah ditebak. Namun mengapa mereka memilih password tersebut?

Trustwave menjelaskan jika ‘Password1’ telah sesuai dengan standar Microsoft Active Directory. Dan kata sandi tersebut telah sesuai dengan aturan password basic.

‘Password1’ memiliki dua karakter; huruf dan angka. Sudah sesuai dengan aturan baku pembuatan password. Namun tetap saja, kata sandi tersebut sangat mudah diprediksi.

Masalah password ini hanya sebagian kecil dari problematika keamanan bisnis yang sering terancam serangan cyber. Menurut Truswave masih ada masalah serius lainnya.

Persoalan lain terkait dengan password menurut Trustwave yakni keberagaman akun yang berdampak domino pada keberagaman password.

Pengguna akan ‘dipusingkan’ dengan banyaknya password yang ia harus ingat di pelbagai akun yang dimiliki.

Dan bahkan tak jarang pekerja kantor sering membagi password mereka antar sesama karywan lain.

SidomiNews pernah mewartakan bagaimana Facebook Login bahkan lebih penting daripada password kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda