Timnas Wanita Jerman: Calon Juara Piala Dunia 2011

Timnas sepakbola wanita Jerman untuk kesekian kalinya tampil menawan di Piala Dunia. Juara bertahan 2 kali berturut-turut ini, seperti halnya Jepang, telah memastikan diri lolos ke babak perempat final.

Meskipun hanya menang tipis dengan selisih satu gol, Jerman nyatanya masih terlalu hebat untuk pesaing-pesaingnya di Grup A. Mereka menggasak Kanada 2-1 di laga pembuka. Berikutnya, giliran Nigeria yang dibekap 1-0.

Tim Jerman yang beberapa saat lalu berpose “wah” untuk majalah Playboy ini memang layak dikedepankan dalam Piala Dunia 2011. Selain karena faktor bermain di kandang sendiri, Jerman memang hampir selalu menjadi nomor satu di semua ajang.

Jerman tidak hanya menjadi juara Piala Dunia pada 2003 dan 2007. Mereka juga menjadi kampiun Eropa lima kali berturut-turut. Rekor fantastis ini dimulai sejak Piala Eropa 1995 hingga terakhir Piala Eropa 2009 di Finlandia.

Satu-satunya ajang yang belum mereka menangi adalah Olimpiade. Selama tiga Olimpiade berturut-turut (2000, 2004, dan 2008) mereka hanya menduduki peringkat ketiga alias mendapatkan medali perunggu. Tentu Olimpiade London 2012 mendatang akan menjadi tantangan tersendiri.

timnas jermanKeberhasilan Jerman tidak lepas dari kombinasi pemain muda dan tua mereka. Jerman masih memainkan pemain bintang mereka sepanjang masa, Birgit Prinz (usia 33 tahun). Prinz yang sekarang menjadi kapten tim ini tercatat sebagai pemain terbanyak memegang caps internasional (213 kali) sekaligus pencetak gol tersubur (128 gol).

Printz dibaurkan dengan pemain-pemain muda seperti Célia Okoyino da Mbabi (23 tahun) dan Simone Laudehr (24 tahun), Alexandra Popp (20 tahun) hingga Bianca Schmidt (20 tahun). Bahkan da Mbabi dan Laudehr yang posisinya gelandang masing-masing sudah mengemas 1 gol dalam Piala Dunia kali ini.

Dengan superioritas Jerman, bekal sebagai tuan rumah, status sebagai juara bertahan, dan perpaduan tua-muda dalam tim, barangkali cuma nasib sial yang akan menyingkirkan mereka dalam turnamen ini.

 

Komentar Anda

Leave A Response