Scroll to Top

PSSI Tak Jujur Kepada FIFA Terkait Status Klub ISL

By Aditya / Published on Saturday, 03 Mar 2012

PSSI Bohong

Demi menjaga nama baiknya, lagi-lagi PSSI melakukan ketidakjujuran kepada FIFA. Kali ini, PSSI yang sekarang dijalankan di bawah kendali Djohar Arifin Husin itu mengaku kepada FIFA bahwa semua peserta IPL adalah klub-klub yang dulu berlaga di ISL.

Itulah jawaban PSSI terhadap surat dari FIFA yang dikirimkan pada 30 Januari 2012 silam. FIFA memang meminta konfirmasi ulang atas kepada PSSI tentang keabsahan liga profesional yang kini berlangsung di Indonesia berdasarkan Statuta PSSI. Atas dasar inilah, PSSI kemudian mengklaim bahwa FIFA-lah yang melarang pemain ISL untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Dalam surat balasan kepada FIFA itu, PSSI memang menyatakan bahwa kompetisi resmi di Indonesia adalah IPL. Tetapi, di kalimat akhir dalam surat yang diteken oleh Tri Goestoro selaku Sekretaris Jenderal PSSI itu disebutkan bahwa seluruh peserta IPL merupakan klub-klub liga super sehingga IPL tidak melanggar Statuta PSSI.

”Partisipan IPL terdiri dari seluruh klub Liga Super seperti yang dimandatkan oleh Statuta PSSI,” demikian pernyataan Tri Goestoro atas nama PSSI dalam surat jawaban untuk Konsil Legal FIFA seperti yang dikutip dari MediaIndonesia.

Awalnya, IPL memang akan menyertakan semua klub perserta ISL tahun lalu ditambah 6 tim promosi dari Divisi Utama. Jumlah yang ditentukan PSSI adalah 24 klub. Inilah yang membuat banyak klub ISL memilih tidak mengikuti IPL dan kembali menggulirkan ISL di musim ini.

Dari semua tim ISL, hanya 2 klub saja yang mengikuti kemauan PSSI untuk berlaga di IPL musim ini. Sisanya adalah klub abal-abal dari IPL musim lalu yang beberapa di antaranya ”disulap” menjadi kembaran klub ISL, seperti Arema Indonesia atau Persija Jakarta.

6 klub yang mendapat promosi gratis dari PSSI untuk mengikuti IPL adalah Persebaya (1927), PSMS Medan, Bontang FC, Persema Malang, PSM Makassar, dan Persibo Bojonegoro. Sedangkan 2 klub lainnya adalah 2 tim yang benar-benar promosi dari Divisi Utama, yaitu Persiba Bantul dan Persiraja Banda Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda