Scroll to Top

Tanpa Lionel Messi, Barcelona Mengandalkan CIA

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Mar 2012

Ujian datang ketika Barcelona menjamu Sporting Gijon. Pasukan Pep Guardiola akan kehilangan sosok Lionel Messi di lini depan, plus Sergio Busquets sebagai jangkar permainan. Kehilangan mereka berdua, terutama Messi, membuat El Barca harus mencari alternatif.

Barcelona CIA

Alternatif tersebut hadir pada CIA: Cesc (Fabregas), (Andres) Iniesta, dan Alexis (Sanchez). Cesc Fabregas menjadi acuan pertama dengan kontribusi golnya musim ini yang berada di atas rata-rata. Andres Iniesta hadir sebagai otak serangan Barcelona. Sementara, Alexis Sanchez dibutuhkan karena keliatannya menghadapi lini belakang lawan.

Jaminan trio CIA ini menghasilkan gol demi gol Barcelona tidak perlu dirisaukan.

Sejauh ini, Lionel Messi memang seolah terlalu menjadi tumpuan El Barca. Ia membukukan 28 dari 50 gol Barcelona di La Liga. Jika ditambahkan dengan 9 assist yang sudah dilepaskan si anak ajaib, tercatat 52% gol El Barca adalah berkat Messi.

Belum lagi jika dilihat dari statistik Messi di Camp Nou. Dari 11 pertandingan di stadion ini, Messi mencetak 23 gol. Ia menyumbangkan 46% gol Blaugrana di kandang.

Lebih penting lagi jika dilihat dari dua duel terakhir Barcelona di Liga. Messi menyumbang 4 gol dalam kemenangan atas Valencia 5-1; plus gol kemenangan lewat tendangan bebas atas Atletico Madrid 1-2. Muncul asumsi, andai tidak ada Messi dalam dua pertandingan ini, bisa saja El Barca cuma bisa menuai hasil seri.

Namun, asumsi ini bisa pupus dengan melihat trio CIA tadi. Cesc Fabregas adalah top skorer kedua Barcelona di La Liga. Ia sudah mengemas 9 gol. Selain itu, mantan kapten Arsenal juga menjadi pemberi assist terbanyak kedua Barcelona setelah Messi. Fabregas sudah membukukan 7 assist, termasuk sodoran matang kepada Dani Alves saat menghadapi Atletico Madrid pekan lalu.

Sementara itu, Iniesta pasti akan menjadi pemain paling penasaran karena ia belum juga mencetak gol di La Liga meski sudah menyumbangkan 4 assist.

Terakhir, A pelengkap untuk kata CIA, Alexis Sanchez ada di peringkat ketiga top skorer klub dengan 8 gol. Terakhir kali Alexis mencetak gol di Camp Nou di La Liga, adalah saat El Barca membenamkan Real Betis 4-2 pada 15 Januari 2012 lalu.

Kita lihat seberapa tangguh Barcelona tanpa Lionel Messi, dan seberapa hebat El Barca dengan trio CIA-nya.

(Mundo Deportivo/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda