Scroll to Top

PSSI Bohongi FIFA Untuk Singkirkan Pemain ISL dari Timnas?

By Aditya / Published on Saturday, 03 Mar 2012

Timnas Indonesia

Indikasi ketidakjujuran PSSI dalam surat jawabannya kepada FIFA mengenai konfirmasi ulang atas tentang keabsahan liga profesional di Indonesia diduga dilakukan dengan tujuan agar pemain yang berlaga di ISL tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia.

FIFA memang meminta PSSI untuk memberikan konfirmasi mengenai legalitas liga di Indonesia dan ini sangat terkait dengan skuad Timnas Indonesia. PSSI sendiri telah memohon kepada FIFA agar diizinkan memainkan sejumlah nama baru dalam laga melawan Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Pra Piala Dunia (PPD) 2014.

Seperti diwartakan oleh Media Indonesia, semula FIFA menolak permintaan PSSI tersebut. Badan Sepakbola Dunia itu justru meminta PSSI untuk memainkan skuad Timnas Indonesia yang telah berlaga di Kualifikasi PPD 2014 sebelumnya, yakni tim yang dikapteni oleh Bambang Pamungkas.

PSSI tidak kehilangan akal. Berbekal jawaban yang diduga mengandung dusta, yakni dengan menyatakan semua klub peserta IPL adalah peserta kompetisi ISL musim lalu, FIFA akhirnya mengizinkan PSSI untuk mengirimkan skuad Timnas Indonesia yang ternyata hanya berisikan para pemain IPL. Dari sinilah PSSI lantas mengklaim bahwa yang melarang pemain ISL untuk membela timnas adalah FIFA.

Alhasil, apa yang terjadi? Lantaran tidak menurunkan komposisi terbaik dan hanya diperkuat muka-muka baru yang minim pengalaman internasional, Laskar Garuda dibantai 0-10 oleh Bahrain. Kekalahan terbesar dalam sepanjang sejarah Timnas Indonesia itu tak pelak memantik kekecewaan dari pecinta sepakbola di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda