Scroll to Top

Berhenti Merokok Dengan SMS Pesan Dukungan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 04 Jul 2011

quit smoking smsPesan dukungan  untuk berhenti merokok yang diberikan secara kontinyu kepada para perokok, memberikan peluang keberhasilan yang cukup besar. Di Inggris, dalam penelitian yang  dipublikasikan The Lancet, 10 persen dari 2.900 perokok aktif, mampu meninggalkan aktivitas merokoknya selama enam bulan setelah rutin diberikan pesan “Anda bisa melakukannya”.  Sementara itu, 4,9 persen dari jumlah perokok tersebut  yang tidak diberikan pesen dukungan, lebih memilih meneruskan merokoknya. Demikian menurut para peneliti di Inggris, seperti dikutip BBC News (3/7/2011).

Penelitian melibatkan 5.800 responden perokok aktif. Sebanyak 2.915 responden, diberikan pesan dukungan berhenti merokok selama enam bulan. Sisanya, hanya menerima pesan ucapan terima kasih karena telah berpartisipasi.

Pesan dukungan dikirim per hari selama lima minggu pertama. Selanjutnya, pesan dikirimkan per tiga minggu selama 26 minggu. Setelah enam bulan, 10,7% dari mereka yang  menerima pesan dukungan, memutuskan berhenti merokok.

“Pesan teks adalah cara yang sangat mudah bagi perokok untuk menerima dukungan untuk berhenti. Orang-orang  menggambarkan ‘txt2stop’  seperti  teman yang mendorong mereka, atau malaikat di pundak mereka. “Ini membantu orang menahan godaan untuk merokok,” kata Dr Caroline , saat memimpin sidang “txt2stop” di  School of Hygiene andTropical Medicine, London.

Menurut sumber WHO, hampir enam juta orang meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh efek buruk rokok. Kejadian ini biasanya ditemui pada negera yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda