Scroll to Top

Barcelona vs Sporting Gijon 3-1: Menang dengan 10 Orang

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 04 Mar 2012

Tanpa Lionel Messi, Barcelona mencoba peruntungan untuk mengejar ketertinggalan 1o angka Real Madrid. Bermain menjamu Sporting Gijon yang dari segi sejarah selalu kalah di Camp Nou dalam sembilan laga terakhir, Blaugrana sukses menang 3-1. Bahkan meski Gerard Pique harus meninggalkan lapangan di menit 46.

Barcelona vs Gijon 3-1

Sporting yang dilatih Javier Clemente, mantan pelatih Josep Guardiola di timnas Spanyol, berangkat ke Camp Nou untuk tampil dengan taktik ultradefensif. Menumpuk lima pemain di lini tengah, Sporting cuma mendapatkan 25% ball possessions di ujung laga.

Namun, sejarah mencatat Barcelona selalu kesulitan ketika berhadapan dengan klub Gijon. Gol pertama baru lahir dari  Andres iniesta di menit 41. Melalui skema yang apik, Adriano lolos dari hadangan pemain Sporting dan dengan nyaman menyodorkan bola ke tengah kotak penalti. Sang cendekiawan Andres Iniesta mencetak gol pertamanya di Liga Spanyol musim ini. 1-0, Barcelona sangat layak mendapatkan hasil ini di babak pertama.

Awal babak kedua menjadi horor bagi kubu Pep Guardiola. Gerard Pique mengganjal Miguel De Las Cuevas yang tinggal seorang diri di luar kotak penalti. Tak ayal, wasit memberikan kartu merah bagi Pique; kartu merah pertama bagi pemain Barcelona di La Liga di lapangan. Sebelumnya, Javier Mascherano juga mendapatkan kartu merah dalam laga melawan Osasuna; namun hal itu terjadi di terowongan.

Mengetahui sang tuan rumah bermain 10 orang, kejeniusan Javier Clemente bekerja. Dimasukkannya David Barral menggantikan Damien Suarez di menti 48. Benarlah, hanya selang satu menit sejak bermain, sang top skorer klub berhasil menyarangkan bola ke gawang Victor Valdes. Formose Mendy memberikan umpan cantik ke tengah kotak penalti dan Barral yang datang dari belakang tak terkawal bek Barcelona.

Barcelona vs Gijon 3-1 2

Tersengat, El Barca kembali menguasai permainan. Namun, kebiasaan mereka kambuh. Terlalu banyak ball possessions, pasukan Pep Guardiola jarang sekali memberikan tembakan mengarah ke gawang. Barulah 11 menit menjelang bubaran, Seydou Keita datang sebagai malaikat penyelamat. Tembakan melengkungnya masuk dengan indah ke gawang Sporting. 2-1, Barcelona mendapatkan hasil melegakan.

Barcelona menambah satu gol lagi di menit 87. Xavi Hernandez mengoyak gawang Juan Pablo Collinas sekaligus melanjutkan tradisi Barcelona yang selalu menang pasca jeda laga internasional.

Tiga angka didapatkan El Barca untuk menipiskan jarak menjadi tujuh angka dari Real Madrid. Namun, selisih ini bisa jadi melebar lagi karena Real Madrid cuma menjamu Espanyol; yang dalam beberapa pertandingan terakhir tak pernah menang.

(Foto: Situs Resmi Barcelona)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda