Scroll to Top

Google Dituntut Pria Perancis Akibat Foto Google Street View

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 04 Mar 2012

Google dituntut pria perancis

Seorang pria berusia 50 tahun asal Desa Mailne wilayah Loire, Perancis, pada November 2010 sedang buang air kecil di depan rumahnya yang sedang tertutup.

Entah apa alasan buang air kecil di depan rumahnya sendiri, tanpa ia sadari mobil Google Street View lewat dan menangkap aktivitasnya.

Dan gara-gara foto ini, pria tersebut menjadi bahan olok-olokan sekitar 3.000 warga desa. Sebab mereka mengetahui kehidupan pribadi pria ini dari Google Maps.

“Dia terekam saat kecing di depan rumah. Gerbang rumah tersebut tertutup. Ia menemukan gambar tersebut saat mencari gambar rumahnya,” papar Jean-Nokl Bouillaud, sang pengacara.

Masih menurut Jean-Nokl Bouillaud, celakanya gambar ini juga dilihat oleh warga sekitar. Dan desa tersebut adalah desa kecil. Dengan mudah setiap orang mengenalinya.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa pria tersebut kencing di depan rumah dalam kondisi pagar (gerbang) tertutup? Apakah kunci rumahnya hilang dan ia tak mampu lagi menahannya?

Menurut Jean-Nokl Bouillaud, setiap orang memiliki hak untuk melakukan apapun dan menjadi rahasia pribadinya saja.

Dan siapapun tak berhak merekam apa yang ia lakukan tanpa izin dengan dalih apapun karena ini privasi masing-masing individu. Termasuk Google sekalipun.

Lewat Jean-Nokl Bouillaud, pria uzur 50 tahun ini menuntut Google untuk segera menghapus gambar memalukan tersebut dan menuntut ganti rugi Rp. 120 juta.

Sebuah nominal yang amat sangat kecil bagi Google. Taipan internet ini dapat dengan mudah membayarnya. Namun apa kata pengacara Google di Perancis?

“Saya minta pengadilan acuhkan saja gugatan ini. Google Maps berinduk di Amerika Serikat dan bukan Perancis, ini salah sasaran,” tegas Christophe Bigot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda