Scroll to Top

Gonzalo Higuain 150 Kali Main 85 Gol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Mar 2012

Laga menghadapi Espanyol menjadi laga ke-150 bagi Gonzalo ‘Pipita’ Higuain. Sang penyerang Argentina membuktikan kualitasnya dengan memborong 2 gol plus memastikan kemenangan telak timnya 5-0. Sebuah catatan apik yang mungkin akan membuat Florentino Perez berat melepasnya ke Chelsea, PSG, atau Manchester City demi barter dengan Sergio Aguero.

Gonzalo Higuain

Kedatangan Higuain ke Real Madrid sendiri bukan sebuah awal yang menyenangkan. Pertengahan musim 2006/2007,  ia ditransfer Los Blancos sebesar 13 juta Euro dari River Plate. Tugas seorang penyerang adalah mencetak gol. Maka, meski pada awal kariernya di Santiago Bernabeu Pipita cukup memberikan kontribusi untuk kemenangan tim, keraguan sempat membayang. Bagaimana Madridistas tidak akan khawatir kala penyerang berusia 19 tahun (kala itu) cuma mengemas 2 gol dalam 19 laga Liga Spanyol di musim pertamanya?

Musim kedua di Real Madrid, keadaan masih tak terlalu nyaman. Higuain lebih banyak datang dari bangku cadangan dan cuma mengemas 8 gol dari 25 penampilan di Liga Spanyol. Tak mau berlama-lama membuat klub mempertanyakan kualitasnya, pada paruh kedua musim 2007/2008 Higuain tampil apik. Salah satu yang paling berkesan tentu ketika ia menyumbang sebuah gol dalam kemenangan telak Real Madrid 4-1 atas Barcelona; hanya 57 detik setelah datang dari bangku cadangan.

Musim ketiga pun menjadi titik balik karier penyerang Argentina. Khusus di La Liga saja, ia mampu menyorongkan 22 gol dalam 34 penampilan. Jumlah laga Higuain yang lebih banyak disebabkan oleh cederanya Ruud Van Nistelrooy.

Sejak saat itu, Higuain senantiasa menjadi juru gedor Real Madrid. Kehadiran penyerang internasional Perancis, Karim Benzema, tidak mengganggu statusnya sebagai pemain utama; setidaknya hingga musim lalu.

Musim 2011/2012, peran Pipita mengecil. Ia tak lagi mendapatkan prioritas utama. Kemampuan fisik dan kemauan berbagi Karim Benzema yang lebih prima, membuat Higuain duduk di pilihan kedua.

1952 menit dalam 4 kompetisi yang dilakoni Real Madrid. Itulah jumlah menit bermain Gonzalo Higuain —terpaut 464 menit dari Benzema—.
Namun, dari jumlah gol yang terbatas itu, Higuain mampu cuma mengemas 2 gol lebih sedikit daripada penyerang Prancis. 19 gol —16 di antaranya di La Liga– menunjukkan kapasitas Higuain sebagai penyerang paling efektif di Real Madrid.

Puncaknya hari ini. Tepat di laga ke-150-nya bersama Real Madrid di La Liga, Higuain mampu mengoleksi 2 gol. Total, 85 gol sudah disarangkan Pipita. Membuatnya memiliki rerata mencetak 0,57 gol setiap pertandingan.

Khusus di musim ini, 19 gol Higuain dibuat dalam 37 penampilan; 19 di antaranya datang dari bangku cadangan.

(Foto: situs resmi Real Madrid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda