Scroll to Top

Mau Tahu Kadar Cinta Kekasih Anda? Ukur Saja Oksitosinnya

By Ilham Choirul / Published on Monday, 05 Mar 2012

saling cinta

Sejauhmana kekasih mencintai Anda? Pertanyaan ini mungkin sulit dijawab. Alasannya, isi hati orang tidak ada yang tahu. Tapi, sebenarnya cinta itu bisa diamati kadarnya dengan “lebih pasti” menurut ukuran tertentu. Tinggal uji saja kadar hormon oksitosin pasangan Anda.

Penelitian dari  Universitas Bar-Ilan di Israel menemukan, semakin seseorang mencintai pasangannya maka sebanding dengan peningkatan oksitosin yang ada di dalam darah orang itu. Dan, oksitosin dalam jumlah tinggi juga ditemukan pada orang yang punya pasangan dibanding mereka yang masih sendiri. Hubungan oksitosin dengan cinta ini juga tampak dari rasa menyayangi seorang ibu terhadap anak.

Oksitosin dalam jumlah cukup tinggi ditemukan pada pasangan yang baru saja menjalin hubungan. Kadarnya mencapai dua kali dari mereka yang masih bujang. Saat pasangan tinggal bersama, oksitosin menunjukkan kestabilan selama enam bulan berjalan, sebelum akhirnya naik turun tergantung upaya mereka mempertahankan kadar cintanya.Menariknya, naik turunnya oksitosin tidak ditentukan oleh jenis kelamin seseorang, berat badan, tinggi badan, status merokok, penggunaan pil kontrasepsi, atau aktivitas seksual.

“Temuan ini menunjukkan bahwa PL (oksitosin) dalam bulan-bulan pertama cinta romantis dapat berfungsi sebagai indeks dari durasi hubungan,” tulis para peneliti yang dimuat jurnal Psychoneuroendocrinology, dikutip Myhealthnewsdaily.

Selama peneliti melakukan pengamatan kepada relawan, naiknya oksitosin ditunjukkan dengan perilaku romantis. Misalnya, saling menatap dengan perasaan teduh atau bersentuhan. Perilaku seperi ini makin meningkatkan oksotosin yang memengaruhi emosi dalam bertindak.Dan, jumlah oksitosin pada hubungan kekasih lebih tinggi dari rasa sayang orang tua kepada anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda